10 Sumber Anti Aging Alami yang Bisa Dicoba

Best Beauty - Tips Kecantikan
13
Oct, 2021
Reading Time 3 min

Istilah anti penuaan sekarang banyak digunakan dalam berbagai cara. Untuk kelompok ilmiah, penelitian anti-penuaan secara khusus mengacu pada upaya untuk memperlambat, mencegah, atau membalikkan proses penuaan. Namun, hingga saat ini belum ada bukti nyata atau teknologi medis yang benar-benar mampu memperlambat atau membalikkan proses penuaan pada manusia.

Secara medis, anti aging mengacu pada pengobatan medis yang merupakan deteksi dini, pencegahan, dan pengobatan penyakit yang berkaitan dengan penuaan. Tentu hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan upaya pencegahan proses penuaan, dimana saat ini banyak cara dan terapi yang tersedia untuk memenuhi tujuan tersebut.

Produk yang mengandung anti aging

Penampilan fisik sering dijadikan acuan untuk melihat proses penuaan. Kulit kering, kendur, pori-pori membesar, dan kerutan biasanya dikaitkan sebagai tanda penuaan. Maka tidak heran jika produk anti aging kebanyakan ditujukan untuk membantu penampilan luar seseorang berupa produk kosmetik dan perawatan kulit.
Saat ini, produk anti aging ditawarkan dalam berbagai bentuk, seperti:

  • Krim
  • Losion
  • Tonik
  • Lulur
  • Masker
  • Serum
  • Minyak
  • Minuman kolagen
  • Suplemen.

Perlu diingat bahwa proses penuaan yang tampak di permukaan (penampilan fisik), tidak lepas dari proses metabolisme di dalam tubuh. Malnutrisi, gaya hidup yang tidak sehat, atau gangguan kesehatan fisik dan mental dapat membuat tanda-tanda penuaan semakin terlihat. Padahal, bisa jadi tanda-tanda tersebut muncul lebih cepat, yang disebut dengan proses penuaan dini.

Sumber anti penuaan alami

Selain dari produk jadi yang ada di pasaran, manfaat anti aging juga bisa didapatkan dari bahan-bahan alami. Berikut ini adalah sumber alami anti aging yang bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

  1. Bayam
    Bayam sangat efektif dalam menghidrasi tubuh karena kandungan airnya dan memberikan manfaat lebih untuk kesehatan rambut. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada bayam juga dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus.
  2. Brokoli
    Brokoli kaya akan vitamin C yang penting untuk produksi kolagen. Tidak hanya itu, sayuran ini juga memiliki berbagai kandungan anti aging lainnya yang baik untuk kesehatan kulit dengan meningkatkan kekuatan dan elastisitas kulit.
  3. Selada Air
    Kandungan antioksidan pada vitamin A dan C pada selada air berfungsi sebagai anti aging agent yang menetralisir radikal bebas berbahaya, membantu mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah.
  4. Alpukat
    Alpukat memiliki manfaat penting untuk kulit, seperti mengangkat sel kulit mati, membuat kulit halus dan bercahaya, serta membantu mencegah kanker kulit.
  5. Ubi jalar
    Kandungan beta karoten pada ubi jalar dapat mengembalikan elastisitas kulit dan membantu regenerasi sel sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat.
  6. Delima
    Delima mengandung senyawa khusus yang disebut punicalagins. Senyawa ini dapat membantu menjaga kandungan kolagen untuk memperlambat tanda-tanda penuaan.
  7. Pepaya
    Pepaya merupakan buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kulit sehingga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menyamarkan kerutan.
  8. Blueberry
    Selain mengandung vitamin A dan C, kandungan antosianin dalam blueberry juga berperan penting sebagai agen anti penuaan dan mencegah hilangnya kolagen.
  9. Paprika merah
    Kandungan vitamin C yang melimpah dalam paprika merah dapat mendorong produksi kolagen yang menyehatkan kulit. Kandungan karotenoid juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan radikal bebas.
  10. Kacang
    Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan, seperti asam lemak omega 3 dapat mencegah kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan minyak alami kulit sehingga tampak lebih bercahaya.

Mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan anti aging tidak hanya memberikan manfaat untuk kulit. Berbagai nutrisi penting dari makanan ini juga bermanfaat untuk penglihatan, rambut, otak, pencernaan, kardiovaskular, dan sebagainya.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments