13 Cara Efektif Ini Dapat Membantu Memutihkan Wajah Secara Alami

Best Beauty - Tips Kecantikan
27
Jul, 2021
Reading Time 4 min

Banyak orang, terutama wanita, memimpikan kulit putih bersih. Memiliki kulit wajah yang putih akan meningkatkan rasa percaya diri.

Tak heran, banyak orang melakukan berbagai cara agar kulit wajahnya menjadi putih. Namun, ada banyak cara yang dilakukan secara instan karena menginginkan hasil yang sekejap saja.

Metode seperti itu berpotensi menciptakan ketergantungan. Tak hanya itu, pemutih kulit wajah yang tidak aman digunakan justru bisa merusak jika diterapkan dalam jangka panjang.

Ada beberapa cara memutihkan kulit wajah secara alami yang bisa kamu praktikkan. Selain mudah dan murah, dengan menggunakan bahan-bahan alami, kamu tidak perlu takut dengan efek sampingnya.

Berikut beberapa cara memutihkan kulit wajah secara alami yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari adalah sumber alami vitamin D terbaik. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan justru dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar ultraviolet (UV) matahari, kamu perlu menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Ini perlu dilakukan bahkan jika kamu berada di rumah atau sedang beraktivitas dalam cuaca mendung.

2. Minum Air Putih Secara Teratur

Air tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga efektif untuk merawat kulit. Minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari dapat membantu melawan garis-garis halus, kerutan, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Oleh karena itu, minumlah air putih minimal delapan gelas sehari. Kamu juga dapat menambahkan irisan lemon ke dalam air, untuk hasil yang lebih baik.

3. Pertahankan Diet Seimbang dan Sehat

Apa yang kamu makan akan mempengaruhi kondisi kulit. Untuk itu, penting untuk menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang agar kulit selalu sehat.

Hindari konsumsi makanan berminyak, manis dan pedas secara berlebihan. Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya vitamin C, E, karotenoid, dan asam lemak omega.

4. Hindari Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat merusak organ dalam tubuh, seperti paru-paru. Tindakan tersebut juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

Pada orang yang memiliki kebiasaan merokok, kondisi kulitnya cenderung kering, kusam, dan tidak sehat.

5. Bersihkan Wajah Secara Teratur

Proses membersihkan wajah seringkali dianggap enteng. Padahal, tahap ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Oleh karena itu, jika ingin memiliki tampilan wajah yang lebih cerah, rutin bersihkan area wajah sekitar dua kali sehari dengan menggunakan Best Beauty Facial Wash.

6. Olahraga Rutin

Cara memutihkan kulit secara alami selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Tak hanya mencerahkan kulit, aktivitas positif ini juga terbukti mampu mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Olahraga bisa dilakukan tiga kali seminggu dengan durasi sekitar 30 menit. Pilih jenis olahraga yang menyenangkan kamu, sehingga kamu dapat melakukannya secara konsisten.

7. Kelola Stres dengan Baik

Tingkat stres yang tinggi justru dapat menurunkan kesehatan kulit, bahkan membuatnya tampak lebih kusam.

Oleh karena itu, jika kamu menginginkan tampilan kulit yang lebih cerah, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Kamu dapat melakukannya dengan bermeditasi, melakukan hobi positif, atau menceritakan kepada seseorang yang kamu percayai.

8. Pentingnya Pengelupasan atau Eksfoliasi

Sangat penting untuk eksfoliasi wajah dan seluruh tubuh secara berkala. Ini dapat dilakukan dengan bantuan garam mandi dan scrub ringan.

Pengelupasan kulit wajah sebaiknya dilakukan sekitar dua hingga tiga kali seminggu.

Pengelupasan bertujuan untuk menghilangkan lapisan kotoran dan sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit terlihat gelap.

9. Menggunakan Lidah Buaya

Kandungan dalam lidah buaya dapat membantu menjaga kelembaban kulit, serta membantu proses penyembuhan dan pertumbuhan sel.

Penggunaan lidah buaya secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah.

10. Konsumsi Jus Lemon

Jus lemon mengandung antioksidan dan vitamin C, yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Senyawa ini juga bisa mencerahkan kulit lho!

Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat mengencangkan pori-pori dan mengurangi sekresi sebum. Hal ini akan menjaga kelembaban kulit kamu, membuatnya tampak lebih cerah.

11. Konsumsi Yogurt

Yogurt mengandung enzim yang berpotensi mencerahkan kulit. Produk susu fermentasi ini juga mengandung asam laktat yang termasuk dalam AHA (asam hidroksi alfa) untuk membantu pengelupasan kulit. Fungsi ini akan membantu warna kulit terlihat lebih cerah dan putih.

12. Konsumsi Tomat

Tomat kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Buah ini identik dengan warna merah juga memiliki sifat mencerahkan, sehingga dapat membuat kulit tampak lebih cerah secara alami.

Komposisi asam alami tomat juga dapat menyeimbangkan pH kulit, sehingga dapat menghambat produksi minyak berlebih. Kulit terlihat halus dan cerah karenanya.

13. Konsumsi Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan jerawat, bercak penuaan, dan bekas luka.

Madu juga berfungsi untuk melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan membuatnya tampak lebih cerah.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments