4 Langkah Mengatasi Jerawat Batu yang Mengganggu

Best Beauty - Tips Kecantikan
14
Jul, 2021
Reading Time 2 min

Munculnya jerawat batu seringkali menyakitkan, tidak nyaman, dan mengganggu penampilan. Ukurannya yang besar, kemerahan, dan berisi nanah membuatnya ingin segera lenyap. Namun, ada beberapa cara menghilangkan jerawat batu dengan baik dan efektif.

Beberapa penyebab jerawat mulai dari pori-pori tersumbat, produksi minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menumpuk. Selain itu, faktor hormonal, pola makan, dan stres yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Sebelum bertambah parah dan menularkan infeksi, simak cara menghilangkan jerawat membandel di wajah berikut ini.

Cuci Wajah Secara Rutin

Pertama, cuci muka secara teratur menggunakan Best Beauty Facial Wash. Biasakan membersihkan wajah 2 kali sehari di pagi dan malam hari sebelum tidur. Cara alami ini akan menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel di wajah. Apabila dibiarkan saja dapat memicu berkembangnya bakteri yang menyebabkan jerawat.

Kompres dengan Es Batu

Mengompres jerawat dengan es batu adalah pengobatan pertama agar tidak meradang lagi. Cara ini akan membuat jerawat cepat kempes jika dilakukan secara rutin. Cukup kompres secara lembut area wajah yang berjerawat dengan cara membungkus es batu dengan kain bersih. Diamkan beberapa saat hingga jerawat mereda.

Selektif soal Produk Wajah

Dalam menjaga kebersihan kulit wajah secara optimal tanpa menyebabkan kulit menjadi kering, untuk produk facial wash bisa digunakan sekali sehari pada saat malam 1 jam sebelum terlelap, atau maksimal 2 kali sehari.

Gunakan produk yang berbahan lembut dan bersifat mengeringkan. Selalu hindari menggunakan produk dengan bulir scrub supaya jerawat tidak semakin iritasi.

Begitu pula dalam memilih produk make up, pastikan skincare berlabel “noncomedogenic” dan “oil-free” agar tak menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi wajah.

Perlakuan Khusus

Selain cara-cara di atas, ada beberapa jenis perawatan yang dianjurkan untuk mengobati dan menghilangkan jerawat batu. Namun, cara menghilangkan jerawat batu berikut ini harus ditangani langsung oleh dokter kulit.

  • Terapi cahaya
  • Ekstraksi atau penghilangan komedo hitam putih dengan alat khusus
  • Peeling atau pengelupasan kulit yang dilakukan dengan bahan kimia seperti asam salisilat
  • Suntikan kortikosteroid langsung ke jerawat untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit dan nyeri berkurang

Itulah sederet cara menghilangkan jerawat batu yang bisa kamu coba. Jangan sekali-kali memencet jerawat karena hanya akan menimbulkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan dan infeksi yang lebih serius. Pilih produk perawatan kulit khusus jerawat untuk mengatasi masalah jerawat batu. Semoga bermanfaat, ya!

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments