5 Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak di Kulit

Best Beauty - Tips Kecantikan
09
Aug, 2021
Reading Time 2 min

Setiap wanita ingin kulitnya sehat dan cantik. Selain asupan nutrisi yang cukup, menjaga kecantikan kulit juga bisa didapatkan dari perawatan luar menggunakan skincare.

Tapi, apakah semua skincare cocok untuk kulit kamu? Yang harus dipahami adalah; Setiap orang memiliki kulit yang berbeda, baik kondisi maupun kebutuhannya. Oleh karena itu, penggunaan skincare tidak boleh sembarangan.

Lalu, bagaimana cara mengetahui skincare yang kamu gunakan cocok atau tidak? Yuk, cek lima langkah mudahnya, agar kulit bisa menjaga kecantikannya secara maksimal.

1. Lakukan test patch

Penting untuk melakukan test patch sebelum kamu mencoba produk apa pun pada kulit. Cara ini sangat mudah dilakukan dan hasilnya juga efektif dalam memberikan sinyal pada kulit apakah skincare tersebut cocok atau tidak untuk produk tersebut.

Langkahnya sangat mudah, yaitu cukup mengoleskan produk yang akan digunakan pada area belakang telinga dan biarkan selama beberapa jam. Jika terjadi reaksi kemerahan, gatal, atau efek lainnya, itu tandanya kulit kamu tidak cocok dengan bahan skincare yang ada di produk tersebut.

2. Apakah purging terjadi?

Purging adalah proses pembersihan atau detoksifikasi kulit saat menggunakan skincare baru dengan kandungan asam seperti AHA/BHA, retinol, niacinamide, dan sebagainya. Saat kamu menggunakan produk dan muncul jerawat, itu tandanya kulit sedang beradaptasi dan bahan-bahannya mulai bekerja.

Saat purging terjadi, kurangi intensitas penggunaan. Apabila kamu memulainya menggunakannya lima kali seminggu, lalu coba kurangi dengan menggunakannya 2 kali seminggu, ketika kulit perlahan membaik, coba tingkatkan penggunaannya. Jika kulit semakin membaik selama 1-3 bulan pemakaian, itu tandanya skincare tersebut cocok. Jika purging tidak berhenti dan cenderung breakout, maka hentikan penggunaan produk.

3. Berhenti saat terjadi breakout

Saat kamu mengalami breakout, di mana muncul jerawat disertai peradangan, maka cobalah untuk berhenti menggunakannya. Kandungan produk apapun dapat menyebabkan jerawat, terutama produk dengan kandungan eksfoliasi di dalamnya. Jadi, walaupun kamu membeli skincare dengan harga fantastis, belum tentu cocok dengan kulitmu.

4. Perhatikan kondisi kulit setelah pemakaian

Ketika kamu menggunakan skincare secara rutin, tentu ada efeknya. Biasanya efek perawatan kulit akan muncul setelah 28 hari. Perhatikan apa yang terjadi pada kulit. Jika tidak menimbulkan efek apapun, itu tandanya formula skincare tidak bekerja efektif pada kulitmu.

5. Kenali perubahan positif pada kulit

Penggunaan skincare berguna untuk mengoptimalkan kondisi kulit. Tandanya, kulit akan berubah menjadi lebih baik. Jadi, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui skincare yang cocok atau tidak adalah dengan melihat perkembangan positifnya pada kulit. Misalnya kulit menjadi lebih cerah, jerawat perlahan membaik, dan lain sebagainya, sesuai dengan manfaat skincare yang kamu gunakan.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments