5 Kesalahan Sepele dalam Mencuci Muka yang Sering Dilakukan

Best Beauty - Tips Kecantikan
01
Jul, 2021
Reading Time 2 min

Dari sekian banyak tahapan dalam perawatan wajah, mencuci wajah merupakan langkah terpenting yang tidak boleh dilewatkan, demi menjaga kesehatan wajah.

Tujuan sebenarnya dalam tahap cuci muka adalah untuk menghilangkan debu, membersihkan penumpukan minyak, make-up dan semua kotoran yang menempel di wajah.

Namun, banyak orang yang tidak sadar melakukan kesalahan saat mencuci muka. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak ulasan yang ada di bawah ini:

1. Metode yang salah

Setiap pembersih wajah memiliki instruksi yang berbeda. Pastikan kamu membacanya sebelum menggunakan sabun pencuci muka.

Kebanyakan cuci muka mengharuskan kamu untuk membasahi wajah kamu sebelum mengoleskan sabun. Kemudian, diamkan selama satu menit sebelum membilasnya.

Jika kamu menggunakan krim atau minyak, oleskan langsung secara rata ke kulit kering selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air.

2. Suhu air terlalu panas

Mencuci muka dengan air yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi kering dan merah. Selain itu, produksi sebum kulit akan menjadi berlebihan.

Periksa suhu air sebelum digunakan untuk mencuci muka. Jika ingin menggunakan air hangat, pastikan airnya suam-suam kuku.

3. Pakai handuk untuk mengelap wajah

Handuk yang memiliki permukaan kasar dapat merusak kulit wajah. Belum lagi, handuk bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

4. Mengelap wajah dengan tisu basah

Ada kalanya kamu menggunakan tisu basah untuk membersihkan kotoran setelah beraktivitas. Namun, tisu basah sebenarnya tidak membersihkan kotoran.

Di sisi lain, tisu basah membuat kotoran lebih merata. Jika kamu ingin menggunakannya, jangan lupa untuk segera membilas wajah kamu dengan air.

5. Sabun cuci muka tidak tepat

Jenis kulit kamu akan mempengaruhi jenis sabun cuci muka. Namun, ada kalanya kita tidak memperhatikan hal ini.

Jika kamu memiliki kulit berminyak atau kombinasi, cobalah mencari pembersih wajah yang berbentuk gel. Bahan-bahan seperti asam salisilat sesuai untuk digunakan.

Sedangkan pemilik kulit kering sebaiknya menghindari sabun cuci muka yang berbusa. Carilah bahan yang mengandung krim, susu, atau minyak.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments