5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Menggunakan Skincare

Best Beauty - Tips Kecantikan
09
Aug, 2021
Reading Time 3 min

Untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing tentunya membutuhkan perawatan yang tepat dan benar. Rutinitas perawatan kulit seperti menggunakan facial wash, mask, scrub, acid toner, serum, dan produk lainnya dilakukan untuk merawat kulit.

Namun, terkadang ada beberapa hal dalam rangkaian perawatan kulit yang bukannya membuat kulit lebih terawat tapi malah membuatnya kusam dan rusak karena salah penggunaan.

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah kusam meski sudah melakukan rangkaian perawatan kulit, mungkin ada beberapa kesalahan saat menggunakan skincare ini pernah dilakukan. Oleh karena itu, simak artikel berikut ini, yuk!

1. Menggunakan facial wash yang tidak sesuai dengan kondisi kulitĀ 

Merawat kulit wajah tentunya harus sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki. Salah satunya adalah pemilihan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Kandungan nutrisi dalam facial wash akan berbeda satu sama lain tergantung kebutuhan kulit.

Selain itu, ada beberapa bahan yang sebenarnya tidak dibutuhkan dalam facial wash. Untuk hasil terbaik, gunakan pembersih wajah yang mengandung antioksidan, witch hazel, dan asam salisilat untuk membantu membersihkan kulit.

Dengan bahan dan nutrisi yang tepat, mencuci muka dapat membantu melindungi kulit dari sisa debu, membuat kulit wajah menjadi rileks, dan membersihkan kulit hingga ke pori-pori.

2. Tidak terlalu sering melakukan eksfoliasi

Kedua hal ini tentu bukan hal yang baik karena perawatan yang berlebihan juga akan membuat kulit semakin rusak dan tidak sehat, begitu juga jika tidak dirawat sama sekali.

Terlalu sering melakukan eksfoliasi bakal membuat lapisan pelindung kulit terkelupas dan juga membuat kotoran yang telah menempel dapat dengan mudah terserap ke dalam kulit.

Tidak melakukan eksfoliasi akan membuat kulit lebih mudah berjerawat dan muncul flek hitam.

Sedangkan jika terlalu sering melakukan eksfoliasi, kulit akan menjadi lebih tipis dan sensitif, selain itu kulit yang terlalu sering di eksfoliasi akan membuat pori-pori rawan tersumbat oleh kotoran.

3. Terlalu sering mengganti skincare

Hindari kebiasaan mengganti perawatan kulit dalam waktu dekat karena hanya akan membuat kulit rusak dan juga kusam.

Setiap produk skincare memiliki takaran yang berbeda sehingga akan memberikan hasil yang berbeda.

Jika terlalu sering mengganti skincare, kulit wajah akan sulit menyesuaikan diri dengan kandungan dalam perawatan kulit karena terus berubah-ubah.

Hal ini hanya akan membuat produk perawatan kulit tidak bekerja maksimal dan menimbulkan flek hitam di wajah.

4. Tidak menggunakan perawatan kulit dengan urutan yang benar

Perlu diingat bahwa menggunakan rangkaian perawatan kulit dari yang paling cair hingga yang paling kental itu wajib. Menggunakan perawatan kulit dalam urutan terbalik akan menghambat kinerja setiap produk.

Produk perawatan kulit yang kental cenderung tebal, sehingga jika digunakan pada urutan pertama akan mencegah dan mempersulit perawatan kulit yang memiliki formula ringan atau cair untuk diserap ke dalam kulit.

5. Mencampur bahan yang tidak kompatibel

Hal umum lainnya yang sering dilakukan dalam rangkaian perawatan kulit adalah dengan mencampurkan beberapa bahan yang tidak boleh dicampur.

Memang ada beberapa bahan yang bisa dipadukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jadi kamu perlu tahu betul bahan apa saja yang bisa dipadukan.

Tidak semua bahan dalam skincare bisa di kombinasikan, jika belum tahu betul bahan mana yang cocok untuk dikombinasikan, lebih baik cari tahu dulu agar tidak merusak kulit.

Salah satu bahan yang tidak boleh digabungkan adalah asam salisilat dan asam glikolat. Bahan ini dikarena akan mengelupas kulit secara berlebihan dan akan menyebabkan iritasi.

Nah, itulah beberapa hal dalam rangkaian perawatan kulit yang dapat merusak kulit jika dilakukan terus menerus tanpa mengetahui apa akibatnya.

Apakah kamu pernah melakukan beberapa hal yang disebutkan di atas? Kalau sudah, segera hentikan, ya!

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments