5 Tips Lindungi Kulit Wajah dari Sinar Matahari Agar Aman

Best Beauty - Tips Kecantikan
24
Jun, 2021
Reading Time 2 min

Sinar matahari memiliki manfaat untuk kesehatan tulang dan dapat meningkatkan imun tubuh terutama pada saat pagi hari, namun sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Sinar ultraviolet juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit, mempercepat proses penuaan dini, sehingga kulit tampak kering, kusam, dan kasar.

Meski berbahaya, bukan berarti kamu harus menghindari sinar matahari sama sekali. Agar tetap aman, berikut cara melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa kamu ikuti.

1. Hindari pantulan sinar matahari

Cara melindungi kulit dari sinar matahari yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari pantulan sinar matahari. Memang pantulan sinar matahari dari benda tertentu seperti kaca atau benda yang dapat memantulkan cahaya lain tidak sekuat sinar matahari langsung. Efektivitas pantulan sinar matahari hanya 85%, tetapi tetap saja berbahaya bagi kulit. Perlu diketahui, tidak hanya kaca yang bisa memantulkan sinar matahari, air dan pasir juga bisa memantulkan sinar matahari.

2. Kacamata hitam

Menggunakan kacamata hitam dapat membantu melindungi separuh wajah kamu dari sinar matahari. Pilih lensa kacamata yang memiliki lapisan UV filter agar mata kamu juga terlindungi.

3. Pakai topi

Jika kamu aktif di bawah sinar matahari, sebaiknya gunakan topi yang lebar agar dapat menutupi kepala dan melindungi wajah kamu. Tidak hanya itu, topi juga dapat melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari sehingga dapat mencegah terbentuknya minyak.

4. Selalu gunakan sunscreen

Produk ini termasuk perawatan kulit wajib yang harus digunakan untuk wajah agar dapat melindungi wajah dari bahaya sinar matahari. Sunscreen yang sebaiknya digunakan adalah produk yang memiliki SPF minimal 30.

Penggunaan sunscreen sendiri sebaiknya digunakan antara pukul 10 pagi sampai dengan 4 sore. Hal ini dikarenakan pada saat itu sinar UV sangat kuat sehingga diperlukan perawatan ekstra. Oleskan sunscreen 20 menit sebelum beraktivitas di luar. Hal ini karena sunscreen membutuhkan waktu untuk diserap oleh kulit. Kamu juga perlu mengoleskan kembali sunscreen setiap 80 menit sekali, terutama jika wajah kamu berkeringat atau pada saat sedang berenang.

5. Perawatan kulit dengan kandungan SPF

Selain menggunakan sun protection, kamu juga dapat melindungi kulit dari terik matahari dengan memilih rangkaian perawatan kulit seperti Best Beauty Day Cream, foundation, moisturizer, primer, tabir surya yang mengandung SPF. Namun, sebaiknya kamu tetap menggunakan tabir surya terpisah untuk perlindungan yang optimal.

Nah, itulah beberapa cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selalu lindungi kulit cantikmu saat beraktivitas di luar ruangan, ya!

Share this
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments