7 Tips Alami untuk Mencerahkan Wajah Secara Alami

Best Beauty - Tips Kecantikan
26
Aug, 2021
Reading Time 5 min

Memiliki kondisi kulit wajah yang kusam tentu bisa terjadi pada siapa saja. Bukan tanpa alasan, kulit wajah kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Mulai dari kondisi stres, sering begadang, sering terkena sinar matahari langsung, hingga lingkungan yang kotor dengan berbagai macam polusi. Beberapa hal tersebut bisa dikatakan sebagai faktor pemicu utama yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari

Kondisi ini bisa diperparah jika seseorang malas membersihkan wajah. Akibatnya, segala kotoran dan polusi yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas, bisa menjadi penyebab berbagai masalah kulit lainnya, salah satunya jerawat.

Apalagi jika kamu sering menggunakan make up dalam aktivitas sehari-hari. Make-up dan kotoran dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit tidak sehat.

Untuk itu, penting untuk membersihkan wajah secara rutin. Apalagi bagi kamu yang sering menggunakan make-up dan aktivitas di luar ruangan.

Hal ini dilakukan sebagai tindakan preventif untuk menjaga kesehatan kulit. Namun jika sudah terlanjur, kamu masih bisa melakukan beberapa cara mencerahkan wajah yang kusam agar cerah dan sehat kembali.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan rangkaian produk perawatan kulit wajah yang berfungsi mencerahkan wajah yang kusam. Selain itu, ada juga beberapa cara memutihkan wajah kusam secara alami yang bisa kamu coba.

Cara ini dinilai lebih aman karena menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang bisa menjadi rekomendasi kamu.

1. Membersihkan Wajah dengan Lemon

Cara memutihkan wajah kusam secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan lemon. Dalam hal ini, lemon dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan wajah.

Lemon yang kaya akan vitamin C dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Tak hanya itu, lemon juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah penuaan dini.

Sebelumnya, kamu bisa mengkonsumsi jus lemon secara rutin dalam jumlah yang cukup untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Selanjutnya, jus lemon dapat digunakan sebagai pembersih wajah alami.

Selain itu, kulit lemon juga bisa dioleskan pada area leher untuk menghilangkan flek hitam.

2. Eksfoliasi dengan Gula

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami selanjutnya bisa dengan melakukan eksfoliasi wajah menggunakan gula. Di sini, butiran gula bisa menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk eksfoliasi wajah.

Dengan cara ini, sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit bisa diangkat dengan baik. Caranya cukup mudah, campurkan 1 sendok makan gula merah dan gula putih, lalu tambahkan sedikit air. Aduk campuran sampai benar-benar tercampur.

Jika sudah menjadi pasta yang cukup halus, maka oleskan pada wajah dan lakukan gerakan melingkar yang lembut. Hal ini penting untuk diperhatikan agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Karena butiran gula halus bisa bergesekan dengan permukaan kulit dan menyebabkan luka jika dilakukan secara kasar.

3. Menggunakan Masker Madu

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang tak kalah menarik adalah dengan menggunakan madu. Madu di sini dikenal memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi.

Hal ini tentunya sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar terhindar dari berbagai macam kotoran yang dapat menyebabkan masalah kulit. Selain itu, beberapa kandungan dalam madu juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami.

Bahan madu ini bisa dibuat menjadi masker alami. Caranya campurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh air perasan lemon. Aduk hingga rata lalu oleskan pada wajah. Tunggu 10 menit lalu bilas.

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan 2 sendok makan madu dengan 3 sendok makan oatmeal hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan pada wajah hingga halus, dan bilas setelah 20 menit. Untuk hasil yang maksimal, masker madu ini bisa digunakan secara rutin.

4. Melembabkan Wajah dengan Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab wajah juga merupakan salah satu cara mencerahkan wajah alami yang bisa kamu coba. Minyak kelapa dikenal memiliki beberapa sifat pelembab alami yang dapat merawat kulit kering.

Tidak hanya itu, menggunakan pelembab minyak kelapa bisa membuat wajah lebih cerah dan sehat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai bahan untuk memijat wajah.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa dibuat menjadi masker dengan mencampurkan madu, masing-masing 2 sendok makan. Masker ini dapat digunakan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Penggunaan pelembab atau masker minyak kelapa alami secara teratur juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini.

5. Minum Aloe Vera atau Lidah Buaya

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami selanjutnya bisa dengan meminum lidah buaya. Perlu diketahui, untuk mengatasi wajah kusam tidak hanya dilakukan dari luar tetapi juga dari dalam.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi minuman lidah buaya secara rutin. Caranya adalah dengan minum jus lidah buaya, tanpa tambahan gula setiap pagi saat perut kosong.

Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker alami. Campurkan gel lidah buaya dengan 2 sendok teh madu, aduk rata, lalu oleskan pada seluruh wajah. Tunggu beberapa menit hingga masker mengering, lalu bilas dengan air bersih.

6. Masker Yoghurt

Masker yoghurt juga merupakan salah satu cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang bisa dilakukan selanjutnya. Yogurt diketahui memiliki kandungan antibakteri alami yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, yoghurt juga memiliki beberapa kandungan yang berguna untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan yoghurt sebagai bahan masker.

Tambahkan sekitar 1 sendok teh yogurt dan madu ke 1/2 pisang halus. Oleskan pada wajah kamu dan bilas setelah 15 menit untuk membersihkan kulit kamu dari paparan sinar matahari dan kotoran akibat polusi.

7. Masker stroberi

Cara terakhir mencerahkan wajah kusam secara alami adalah dengan menggunakan masker strawberry. Strawberry diketahui mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang berguna untuk menyamarkan garis-garis halus.

Tak hanya itu, kandungan ini juga berguna untuk mencerahkan flek hitam di wajah dan membantu menjaga elastisitas kulit.

Asam Alpha Hidroksil yang terkandung dalam buah beri yang lezat ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan memberi jalan bagi sel-sel baru untuk masuk. Untuk membuat masker ini, cukup tumbuk beberapa buah strawberry segar hingga halus, lalu oleskan secara merata pada wajah. Tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments