8 Cara Mengecilkan Pori-Pori pada Kulit Wajah

Best Beauty - Tips Kecantikan
27
Jul, 2021
Reading Time 4 min

Setelah mengenali berbagai penyebab pori-pori besar, penting untuk mengetahui cara menghilangkannya dengan benar.

Menurut American Academy of Dermatology Association ada sejumlah rekomendasi yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan pori-pori di wajah, di antaranya:

1. Pilih produk perawatan kulit dan make-up non-komedogenik

Salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan memilih produk skincare dan make-up yang berlabel non-comedogenic atau tidak rawan pori-pori tersumbat. Selain itu, penting juga untuk memilih label oil-free atau kandungan bebas minyak pada produk perawatan kulit dan make-up yang digunakan.

2. Cuci muka dua kali sehari

Penyebab pori-pori wajah membesar adalah pori-pori tersumbat dan kulit berminyak. Rajin mencuci muka dua kali sehari secara rutin dapat mencegah tersumbatnya pori-pori dan mengurangi minyak pada wajah. Kamu bisa mencuci muka menggunakan air hangat dan sabun pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan halus.

Kandungan sabun pembersih wajah yang keras rentan menyebabkan iritasi kulit hingga peradangan sehingga pori-pori wajah menjadi lebih terlihat. Gunakan air dingin atau hangat untuk mencuci muka. Pastikan suhunya pas karena air yang terlalu panas justru akan membuka pori-pori wajah, bahkan bisa mengiritasi kulit.

Gunakan Best Beauty Facial Wash untuk membersihkan wajah dengan lembut. Menggosok wajah terlalu keras saat mencuci muka bisa menyebabkan iritasi yang bisa berujung pada peradangan. Saat kulit meradang, pori-pori biasanya akan tampak lebih besar.

3. Oleskan pelembab

Mengoleskan pelembab secara rutin juga menjadi pilihan untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Sayangnya, banyak orang dengan kulit berminyak menghindari penggunaan pelembab karena takut meningkatkan produksi minyak di wajah.

Padahal, penggunaan pelembab dapat membantu sebum atau minyak alami menembus lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan demikian, produksi minyak di wajah bisa berkurang sehingga kulit tampak lebih sehat. Untuk masalah pori-pori wajah yang besar, kuncinya adalah kamu harus memilih pelembab berbahan dasar air yang teksturnya lebih ringan dan tidak rawan menyumbat pori-pori.

4. Lakukan eksfoliasi wajah secara teratur

Pengelupasan atau eksfoliasi sel kulit mati secara rutin bisa menjadi cara untuk mengecilkan pori-pori di wajah agar tidak terlihat. Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk di wajah secara rutin bisa menjadi salah satu cara mengatasi pori-pori besar. Pasalnya, langkah ini akan mengurangi risiko sel kulit mati menjadi kotoran yang menyumbat dan memperbesar ukuran pori-pori wajah.

Namun, ingatlah untuk memilih produk eksfoliasi wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Selain itu, lakukan proses pengelupasan kulit secara lembut agar kulit tidak teriritasi atau meradang.

Disarankan untuk melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu. Namun, proses ini tidak boleh dilakukan jika kulit sedang berjerawat. Untuk menghindari peradangan, kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) dan beta-hydroxy acids (BHA).

5. Gunakan pencuci muka yang mengandung asam salisilat untuk kulit berjerawat

Pori-pori wajah yang membesar dapat menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, coba gunakan sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa asam salisilat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cara mengecilkan pori-pori pada wajah pada kulit berminyak sebaiknya disarankan untuk memilih sabun pencuci muka dengan tekstur gel. Pembersih berbasis gel dapat membantu mengecilkan pori-pori dari produksi minyak yang dihasilkan. Dengan ini, pori-pori wajah yang besar tampak lebih kecil.

6. Hapus make-up sebelum tidur

Cara mengecilkan pori-pori di wajah juga perlu didukung dengan rutinitas menghapus make-up sebelum tidur. Beberapa orang yang sangat lelah beraktivitas mungkin sering lupa untuk membersihkan wajah di malam hari.

Padahal, tertidur dengan riasan yang masih menempel bisa berisiko merusak kulit. Jika dibiarkan terus menerus, produk kosmetik dapat bercampur dengan kotoran, minyak, dan bakteri sehingga menyumbat pori-pori wajah. Kebiasaan inilah yang menyebabkan pori-pori besar tidak bisa dihindari. Jadi, sangat penting untuk menghapus riasan di malam hari, tidak peduli seberapa lelah atau larutnya kamu pulang ke rumah.

7. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami tidak cukup dengan perawatan kulit luar. Kamu juga perlu menyeimbangkannya dengan perawatan kulit dari dalam, yaitu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya dari protein, lemak sehat, dan karbohidrat.

Pola makan yang sehat dapat meningkatkan kesehatan kulit sehingga kamu akan terhindar dari masalah pori-pori wajah yang besar. Sebaiknya hindari makanan tinggi lemak dan berminyak karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

8. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup juga penting sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Pastikan kamu minum cukup air, minimal 2 liter per hari. Minum air yang cukup tidak hanya menyehatkan kulit dari dalam, tetapi juga menghilangkan racun dari pori-pori.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments