Beberapa Cara Simpel yang Dapat Mengatasi Jerawat

Best Beauty - Tips Kecantikan
17
Feb, 2022
Reading Time 3 min

Jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah memang bisa mengganggu penampilan. Apalagi jika kamu sudah memiliki rencana untuk menghadiri acara penting keesokan harinya. Jelas, jerawat bisa membuat kamu terlihat kurang percaya diri.

Namun, sebenarnya keberadaan jerawat tidak perlu membuat kamu merasa khawatir secara berlebihan. Pasalnya, 85 persen penduduk dunia pernah mengalami jerawat wajah pada usia 12-25 tahun. Penyebab umum jerawat selain perubahan hormonal adalah pori-pori kulit tersumbat karena minyak berlebih, sel kulit mati dan bakteri.

Jerawat sebagai masalah kulit merupakan masalah serius di Amerika Serikat. Tercatat ada 50 juta orang Amerika yang mengalami masalah kulit berjerawat setiap tahunnya. Sebenarnya masalah jerawat tidak bisa diselesaikan dengan obat saja ada cara sederhana lain yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat. Yuk, lihat di sini!

1. Mencuci Wajah Setelah Bepergian

Jangan malas untuk mencuci muka, apalagi jika sedang bepergian. Paparan udara, lingkungan yang kotor, dan polusi merupakan hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk mencegah timbulnya jerawat, kamu perlu rutin membersihkan wajah. Namun jangan terlalu sering, karena jika terlalu sering mencuci muka menggunakan pembersih wajah, minyak alami wajah bisa hilang yang bisa membuat kulit menjadi kering.

2. Menguapi Wajah dengan Air Panas

Salah satu cara sederhana lainnya untuk mencegah jerawat adalah dengan membiasakan menguapi wajah secara rutin 2-3 kali seminggu setelah pulang dari bepergian. Kamu hanya perlu mendekatkan wajah ke baskom berisi air panas selama 10-15 menit, lalu kompres dengan handuk hangat, terakhir cuci kembali wajah dengan air bersuhu normal untuk menutup pori-pori yang terbuka.

Ritual ini dapat membuka pori-pori dan menghilangkan bakteri atau kotoran yang mengendap di pori-pori. Keluarkan dengan uap panas kemudian setelah dibersihkan tutup kembali dengan air bersuhu normal.

3. Kurangi makan makanan berlemak dan gorengan

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan pembersihan wajah untuk mencegah berjerawat. Kamu harus memperhatikan pola makan kamu. Hindari terlalu banyak makan gorengan yang memicu produksi minyak berlebih, santan, makanan manis berlemak yang menjadikan penumpukan lemak di wajah sebagai cikal bakal timbulnya jerawat.

4. Jangan Sering Memegang Wajahmu

Bukan hanya saat sedang berjerawat, tapi dalam keadaan biasa juga jangan terlalu sering memegang wajah. Kebiasaan ini dapat meningkatkan perpindahan kuman dan bakteri dari tempat lain ke wajah. Kamu tidak tahu berapa banyak kuman yang ada di keyboard laptop atau tutup toilet. Tangan berulang kali memegang tempat yang berbeda kemudian menggosok pipi, sehingga kuman menempel di kulit dan menyebabkan jerawat.

5. Jangan bolak-balik ganti pembersih wajah

Kebiasaan buruk mengganti pembersih wajah bisa menyebabkan jerawat. Kulit wajah sangat sensitif, bahan yang berbeda justru memicu sensitivitas kulit dan produksi minyak berlebih, sehingga tidak menyembuhkan jerawat, malah semakin banyak. Jadi untuk mencegah jerawat, pakai satu produk pembersih wajah saja ya.

Nah, itulah penjelasan seputar cara mudah menghilangkan jerawat. Tapi jangan takut, sekarang kamu bisa menggunakan Paket Acne dan juga Acne Serum dari Best Beauty Skincare. Dengan kandungan khusus, akan membantu kulit wajahmu terjauhkan dari jerawat yang mengganggu.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments