Beberapa Manfaat Skincare untuk Kesehatan Mental

Best Beauty - Tips Kecantikan
23
Nov, 2021
Reading Time 2 min

Informasi tentang rutinitas perawatan kulit atau skincare routine semakin sering dibagikan. Tujuannya tentu saja untuk merawat kulit agar sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

Sedikit yang diketahui, perawatan kulit juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Langkah-langkahnya tidak rumit, hanya diperlukan tiga langkah.

Untuk pagi hari biasanya terdiri dari pembersih, pelembab, dan tabir surya. Sedangkan pada siang hari atau kombinasi pembersih, serum, dan pelembab pada malam hari.

Dalam menggunakan rangkaian perawatan kulit, kuncinya adalah konsistensi dan pastikan untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit setiap hari. Sebaiknya perawatan kulit ini masuk dalam daftar prioritas. Dikutip dari Psychreg, Senin (27/9/2021), berikut tiga manfaat skincare untuk kesehatan mental:

1. Dapat Mengurangi Stres

Stres kronis dapat berdampak parah pada kesehatan mental. Demikian juga, stres jangka panjang telah terbukti meningkatkan risiko kecemasan, depresi, masalah tidur, dan masalah penyalahgunaan zat.

Solusi terbaik adalah menjaga tingkat stres serendah mungkin. Para ahli telah menemukan bahwa mengikuti rutinitas perawatan tiga langkah sederhana dapat menurunkan jumlah kortisol, atau dikenal sebagai hormon stres, dalam tubuh hingga 83 persen.

Selain rutinitas perawatan kulit yang menenangkan, memijat wajah Anda saat mengoleskan produk dapat menurunkan detak jantung dan mengurangi perasaan cemas.

2. Stabilitas Otak

Sementara pandemi masih merajalela di banyak bagian dunia, kehidupan umumnya tidak dapat diprediksi seperti sebelumnya. Semua ketidakpastian ini menyebabkan malapetaka di otak yang dapat dengan cepat mempengaruhi kesehatan mental.

Otak juga membutuhkan struktur dan stabilitas untuk memungkinkannya rileks. Kebiasaan dan rutinitas dapat membantu menenangkan pikiran, dan memberikan perasaan terkendali. Rutinitas perawatan kulit yang sederhana bisa menjadi awal yang baik.

3. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Pandangan hidup yang lebih positif, dan semua hal positif itu adalah pendorong kesehatan mental yang besar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, salah satunya dengan merawat kulit secara rutin.

Tindakan sederhana meluangkan waktu berharga untuk merawat kulit akan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, untuk merawat kulit sebagai terapi peningkatan kesehatan mental, Anda bisa menambahkan rangkaian perawatan kulit, mulai dari masker wajah, serum untuk regenerasi kulit hingga krim mata hingga rutinitas perawatan kulit Anda setiap minggu.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments