Beberapa Perawatn Wajah untuk Kulit yang Sensitif

Best Beauty - Tips Kecantikan
08
Nov, 2021
Reading Time 3 min

Berbicara tentang dunia kecantikan tentu berkaitan dengan jenis kulit setiap orang. Mereka yang memiliki jenis kulit sensitif membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatan wajah. Mereka harus lebih selektif dalam memilih makeup dan skincare. Seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif mudah mengalami masalah kulit, seperti gatal, kemerahan, perih, berjerawat, atau sensasi terbakar pada kulit jika salah menggunakan produk.

Semua masalah yang dialami pemilik kulit sensitif bisa bertambah parah karena beberapa hal. Seperti paparan polusi, perubahan hormonal, dan stres. Tak heran jika kulit pemiliknya sensitif sehingga lebih mudah mengalami jerawat, kemerahan, ruam, dan kekeringan ekstrem.

Perawatan Wajah untuk Kulit Sensitif

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, jangan khawatir lagi karena berikut ini adalah rangkaian perawatan yang bisa dilakukan menurut Health berikut ini:

1. Evaluasi Setiap Produk

Jika kamu pernah mengalami iritasi di masa lalu, pastikan untuk mencari tahu mengapa iritasi itu terjadi. Jangan remehkan reaksi yang terjadi pada kulit. Kamu harus mengenali pemicu yang bisa berasal dari produk perawatan atau kosmetik tertentu, atau bisa juga dari lingkungan.

2. Hindari Mencuci Wajah Terlalu Sering

Bagi pemilik wajah sensitif, hindari untuk tidak terlalu sering mencuci muka. Lakukan dalam jumlah sedang, yakni dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Jika kamu terlalu sering mencuci muka, hal ini dapat memperparah kondisi kulit sensitif. Hindari pengelupasan terlalu sering karena dapat membuat lapisan sawar kulit menipis.

3. Pilih Produk Khusus untuk Kulit Sensitif

Pastikan untuk selalu menggunakan produk yang khusus untuk kulit sensitif. Perlu diingat, semakin banyak jenis bahan kimia yang ada dalam suatu produk, semakin tinggi pula risiko terjadinya reaksi pada kulit. Untuk pembersih wajah, kamu bisa menggunakan bahan yang berasal dari bahan alami seperti lidah buaya atau vitamin E.

4. Perhatikan Zat Kimia dalam Produk

Perawatan kulit sensitif yang juga harus dilakukan adalah memperhatikan kandungan dalam produk wajah dan kosmetik. Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol, sabun, atau pewangi. Sementara itu, beberapa bahan alami yang direkomendasikan untuk digunakan adalah lidah buaya, chamomile, dan teh hijau.

5. Jangan Ganti Produk

Perawatan kulit sensitif penting lainnya adalah tidak sering mengganti produk kosmetik atau perawatan wajah lainnya. Produk-produk yang beredar di pasaran cukup menarik untuk dicoba, namun perlu diingat bahwa kulit sensitif dapat teriritasi karenanya. Mengubah produk secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung kulit. Jika kamu sudah menemukan produk khusus untuk kulit sensitif yang cocok dan bagus, sebaiknya gunakan produk tersebut secara terus menerus.

6. Jika ruam muncul, hindari paparan sinar matahari

Jika kamu menemukan ruam pada kulit, pastikan untuk melindungi ruam ini dari paparan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan topi agar ruam dan gatal-gatal tidak bertambah parah. Ini karena ketika ruam muncul, kulit menjadi lebih rentan terhadap infeksi, bahkan dengan risiko konsekuensi serius.

7. Hindari Menyentuh Wajah

Perawatan kulit sensitif terakhir yang bisa kamu lakukan adalah jangan terlalu sering menyentuh wajah. Karena hal ini berpotensi memindahkan kotoran dan bakteri dari jari ke wajah. Tentunya hal ini berisiko membuat kulit menjadi kotor dan memicu timbulnya jerawat. Jika ingin menyentuh wajah, pastikan tangan bersih terlebih dahulu.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments