Benarkah Pepaya Bisa Mengatasi Flek Hitam?

Best Beauty - Tips Kecantikan
28
Jan, 2022
Reading Time 3 min

Flek hitam merupakan masalah kulit wajah yang paling sering dialami oleh wanita. Memang kondisi ini tidak serius dan berbahaya, namun tetap saja penampilannya sangat mengganggu penampilan, dan kebanyakan membuat wanita insecure. Alhasil, perawatan wajah dengan menghabiskan banyak uang di klinik kecantikan pun dilakukan, guna menghilangkan flek hitam dan mendapatkan wajah yang lebih sehat dan cerah.

Munculnya flek hitam bisa terjadi karena produksi melanin yang berlebihan pada kulit. Namun, tidak hanya itu, masalah kulit ini juga bisa terjadi karena efek lain, seperti paparan sinar matahari, bekas jerawat, konsumsi obat-obatan tertentu, perubahan hormonal, hingga peradangan atau iritasi pada kulit wajah.

Pepaya Atasi Flek Hitam, Mitos atau Fakta?

Sebenarnya, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menghilangkan flek hitam di klinik kecantikan. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang lebih murah dan mudah ditemukan. Salah satunya adalah pepaya. Ya, buah yang satu ini ampuh membantu menghilangkan flek hitam yang mengganggu lho!

Buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang bertindak sebagai agen pengelupasan yang sangat baik, karena membantu dalam regenerasi sel-sel kulit baru. Selain itu, kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan membantu mengurangi pigmentasi yang tidak teratur dan merangsang pembentukan kolagen. Kemudian, vitamin A yang merupakan nutrisi penting lainnya untuk kulit. Vitamin A membantu meningkatkan produksi sel kulit baru sekaligus membantu mengurangi bintik hitam, noda dan bekas luka.

Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan flek hitam tidaklah sulit. Kamu hanya perlu melumatkan buah ini dan mengoleskannya pada area wajah yang terdapat flek hitam. Biarkan mengering, lalu basuh wajah dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan ini selama satu bulan, sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami lainnya

Ternyata, selain menggunakan buah pepaya, ada bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam yang mengganggu di wajah, yaitu:

1. Kentang

Tanaman umbi ini mengandung vitamin B kompleks, potasium, magnesium, seng dan fosfor yang berkontribusi pada sifat pencerah kulit. Salah satunya adalah niacinamide yang berperan aktif sebagai regenerasi sel kulit. Cara menggunakannya, cukup iris kentang dan gosokkan pada wajah yang memiliki flek hitam berbentuk lingkaran selama kurang lebih 10 menit. Jika kamu merasa irisan kentang mengering, gunakan irisan lain.

2. Lemon

Buah yang satu ini kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang membantu mengurangi kelebihan melanin pada kulit. Lemon juga mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai exfoliating agent, mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Campurkan satu sendok makan gula merah dan putih telur, lalu tambahkan satu sendok teh jus lemon dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan gosok dengan gerakan melingkar menggunakan jari selama 10 menit, bilas dengan air bersih.

Nah, itulah penjelasan terkait buah pepaya yang dipercaya dapat mengatasi flek hitam di wajah. Namun, jika kamu ingin menghilangkan flek hitam yang mengganggumu, kamu bisa banget

menggunakan Ultimate Cream dan juga Dark Spot Serum besutan dari Best Beauty Skincae. Yang pasti, produk-produk dari Best Beauty dipastikan aman untuk diaplikasikan dan juga untuk ibu hamil serta menyusui, karena Best Beauty sudah mendapatkan izin dari BPOM, kok.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments