Benarkah Wajah Berminyak Lebih Banyak Beresiko Berkomedo?

Best Beauty - Tips Kecantikan
02
Feb, 2022
Reading Time 3 min

Coba luangkan waktu sejenak untuk melihat diri di cermin. Pernahkah kamu memperhatikan jenis kulit apa yang kamu miliki di wajah kamu? Apakah normal, kering, atau hanya berminyak? Kulit berminyak terjadi ketika salah satu kelenjar, yaitu kelenjar sebaceous, memproduksi minyak berlebih di kulit. Hasilnya, kulit wajah akan terlihat berkilau atau mengkilat.

Sebenarnya, minyak di kulit membantu menjaga kelembapan kulit. Namun jika kadarnya berlebihan, tentu akan berisiko menimbulkan masalah. Nah, keberadaan minyak berlebih tidak hanya di wajah, tapi juga kulit kepala yang membuat kepala rentan terhadap ketombe dan gatal-gatal. Tentu saja, kamu perlu melakukan perawatan yang tepat agar kulit berminyak tidak menimbulkan masalah.

Benarkah kulit berminyak rawan tumbuhkan banyak komedo?

Salah satu masalah yang rawan menyerang kulit wajah berminyak adalah jerawat. Bukan tanpa alasan, munculnya jerawat terjadi karena kotoran mudah menempel di kulit yang membuat pori-pori kulit wajah tersumbat. Apalagi jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas di luar ruangan dan tidak langsung membersihkan riasan saat sampai di rumah.

Ternyata, selain jerawat, masalah lain yang rawan terjadi pada kulit wajah berminyak adalah munculnya komedo. Belum lagi penambahan rambut yang mudah lepek dan berbau tidak sedap karena minyak berlebih juga terdapat di kulit kepala. Tentu saja hal ini akan membuat kamu kehilangan kepercayaan diri. Ya, masalah jerawat dan komedo memang sangat menyita perhatian jika berbicara tentang kecantikan kulit wajah, terutama bagi para wanita.

Mengatasi dan Mencegah Kulit Wajah Berminyak

Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit wajah berminyak? Tentunya dengan menjaga kebersihan kulit, salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci atau membersihkan wajah secara rutin. Namun, selalu berhati-hatilah dengan produk pembersih wajah yang kamu gunakan. Usahakan produk yang kamu pilih memang didesain untuk kulit wajah berminyak, bukan jenis kulit lainnya.

Kulit berminyak juga bisa terjadi karena kamu salah memilih produk kecantikan atau makeup. Jadi, selain produk pembersih wajah, kamu juga perlu berhati-hati saat ingin membeli make-up. Sebaiknya hindari semua produk kecantikan yang mengandung minyak, karena hal ini membuat kulit wajah terlihat semakin berminyak. Jangan lupa juga untuk membersihkan rambut secara rutin alias keramas. kamu dapat memilih sampo yang dibuat untuk kulit kepala berminyak.

Nah, pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak menggunakan riasan yang berlebihan, karena akan membuat wajahmu terlihat basah dan berkilau. Saat merias wajah, sebaiknya hindari penggunaan alas bedak, karena produk ini menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Jika perlu, kamu juga bisa rutin menggunakan masker wajah untuk kulit berminyak.

Jadi, jangan takut lagi dengan kondisi kulit berminyak. Penanganan dan perawatan yang tepat dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, serta jerawat dan komedo yang membandel. Selalu jaga kebersihan wajah, minimal rutin mencuci muka setelah seharian berada di luar rumah dan memakai make up.

Untuk masalah perawatan wajah, kamu bisa banget lho menggunakan produk-produk dari Best Beauty Skincare, untuk kulit wajah berjerawat, kamu bisa banget mengaplikasikan Acne Night Cream dan juga Acne Serum. Dimana produk itu bisa mengatasi jerawat yang sering mengganggumu.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments