Berbagai Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Best Beauty - Tips Kecantikan
09
Feb, 2022
Reading Time 3 min

Kulit merupakan bagian tubuh terluar yang sangat rentan terhadap masalah. Oleh karena itu, penting untuk merawat kulit agar tetap bersih dan sehat. Kamu tidak perlu membeli produk mahal untuk menjaga kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, dan rempah-rempah untuk merawat kulit kamu.

Lemon misalnya, buah jeruk jenis ini ternyata memiliki manfaat kecantikan yang luar biasa. Tidak hanya digunakan untuk membuat minuman dan makanan, lemon juga dapat digunakan sebagai masker untuk mencerahkan kulit dan mencegah ketombe. Nah, berikut ini berbagai manfaat lemon yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

Lemon adalah buah yang biasanya tersedia di rumah atau mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Selain murah dan mudah didapat, lemon mampu memberikan manfaat kecantikan sebagai berikut:

1. Eksfoliasi Kulit

Lemon sangat kaya akan vitamin dan nutrisi, terutama vitamin C. Buah ini dapat digunakan sebagai exfoliator karena memiliki sifat membersihkan. Lemon dapat membersihkan dan menghidrasi untuk menghilangkan komedo dan kulit mati yang tertinggal di kulit. Cukup potong lemon menjadi dua dan gosokkan ke seluruh wajah kamu selama lima menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

2. Meratakan Warna Kulit

Kandungan asam dalam jus lemon ternyata bisa membantu mengurangi munculnya bekas jerawat di kulit. Tidak hanya itu, minyak dalam lemon juga membantu vitamin esensial menembus kulit dengan lebih mudah, sehingga membuat kulit lebih cepat sembuh dari jerawat yang meradang. Peras jus lemon ke dalam bola kapas, lalu gosokkan ke wajah kamu sebelum membilasnya dengan air dingin.

3. Mencerahkan Kuku

Campurkan tiga sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan jus lemon untuk membuat kuku kamu terlihat lebih cerah. Asam dari lemon membantu membersihkan penumpukan sel kulit mati pada kuku, sehingga membuatnya lebih putih. Minyak zaitun membantu menghidrasi kuku kamu sehingga tidak terlalu kering.

4. Mencerahkan Rambut

Setiap wanita ingin memiliki rambut hitam dan berkilau. Tidak perlu membeli sampo mahal, kamu bisa menggunakan lemon untuk membuat rambut lebih berkilau! Campur jus lemon segar dengan air hangat dan masukkan ke dalam botol. Setelah itu, semprotkan jus lemon ke seluruh rambut kamu. Kemudian, duduk di bawah sinar matahari hingga satu jam untuk hasil terbaik. Ketika bereaksi dengan matahari, asam dalam jus lemon dapat membuat rambut lebih bersinar.

5. Melembutkan Siku yang Kering

Sama seperti lemon yang bisa digunakan sebagai exfoliator untuk wajah, siku yang kering dan kasar juga bisa diatasi dengan buah yang satu ini. Tambahkan jus lemon ke soda kue sampai membentuk pasta. Gosokkan ke siku untuk menggosok kulit mati yang kering. Bilas dengan air dan lebih banyak jus lemon. Setelah selesai, keringkan dengan handuk lalu gunakan losion atau minyak zaitun untuk melembabkan.

6. Mengurangi Ketombe

Ketombe yang membandel tentu menurunkan kepercayaan diri kamu. Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Campurkan air, potongan jahe, jus lemon, dan minyak zaitun untuk membuat masker rambut. Biarkan selama beberapa menit sampai mengering. Setelah kering, bilas dan keramas sampai bersih dari masker. Masker rambut ini dapat membantu memperlambat pergantian sel dan mengurangi jumlah pengelupasan pada kulit kepala.

Nah, untuk masalah kesehatan kulit wajah, kamu bisa banget menggunakan produk-produk dari Best Beauty Skincare, lho. Produk dari Best Beauty dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah mulai dari kusam, berjerawat hingga flek hitam.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments