Berbagai Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Best Beauty - Tips Kecantikan
16
Feb, 2022
Reading Time 3 min

Kesehatan kulit wajah yang terjaga dapat menunjang penampilan, sehingga meningkatkan rasa percaya diri. Ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Kabar baiknya, menjaga kesehatan kulit wajah tidak selalu harus dengan produk perawatan wajah bermerek.

Jika dilakukan secara teratur, beberapa metode perawatan sederhana di rumah sebenarnya dapat membantu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat kesehatan kulit wajah, serta hal-hal apa saja yang harus dihindari. Merawat kulit dengan baik juga dapat membantu mencegah munculnya berbagai masalah seperti jerawat, flek hitam, dan kulit kusam.

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi dan kesehatan kulit wajah, mulai dari cara merawat kulit, faktor lingkungan, kondisi medis tertentu, hingga bertambahnya usia. Ada beberapa cara untuk menjaga kulit tetap terawat, antara lain:

1. Pilih Produk yang Tepat

Hal terpenting yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang terawat adalah dengan membersihkannya secara rutin. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk pembersih wajah yang tepat, yang sesuai dengan kondisi kulit. Sebab, jenis kulit yang berbeda juga akan membutuhkan jenis produk perawatan yang berbeda pula.

2. Jangan lupa cuci muka

Mencuci wajah secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Biasakan untuk selalu membersihkan wajah, minimal 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur atau saat dibutuhkan, misalnya setelah memakai make-up. Pastikan juga untuk mencuci muka dengan cara yang benar:

  • Mulailah dengan mencuci muka dengan air hangat.
  • Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.
  • Campur sabun dengan air di telapak tangan,
  • Bersihkan wajah dengan melakukan pijatan melingkar yang lembut,
  • Bilas wajah dengan air bersih,
  • Keringkan wajah kamu dengan handuk bersih.

3. Gunakan Pelembab

Jangan lupa pelembab wajah. Gunakan produk perawatan ini setelah mencuci muka untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan kelembapan alami kulit.

Pelembab wajah yang baik biasanya mengandung bahan-bahan yang berfungsi mengembalikan struktur dan kelembapan alami kulit, menjaga keseimbangan pH kulit, mengurangi efek radikal bebas, serta memperbaiki sel dan jaringan kulit yang rusak.

4. Lindungi dengan Tabir Surya

Jika harus keluar rumah atau beraktivitas di bawah sinar matahari, jangan lupa untuk melindungi kulit dengan tabir surya atau sunblock. Produk kecantikan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat memicu perubahan warna kulit, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Pilih tabir surya khusus untuk wajah, dengan SPF 30 dan gunakan secara teratur.

5. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Tidak hanya dari luar, perawatan kesehatan kulit wajah juga harus dilakukan dari dalam, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Padahal, mengonsumsi makanan bergizi seimbang bisa menjadi cara sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan kulit.

Selain itu, lengkapi juga dengan membatasi konsumsi makanan berlemak, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, menghindari kebiasaan merokok, berolahraga secara teratur, mengelola stres dengan baik, dan istirahat yang cukup.

Nah, itulah tips menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap terawat. Untuk masalah perawatan wajah, kamu bisa menggunakan Best Beauty Skincare, lho. Dijamin, kulit wajahmu jauh dari berbagai permasalahan kulit wajah yang sering mengganggu penampilan.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments