Berikut Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

Best Beauty - Tips Kecantikan
23
Oct, 2021
Reading Time 2 min

Luka merupakan rusaknya sebagian jaringan pada tubuh akibat adanya trauma dari benda tajam, zat kimia atau gigitan hewan, disertai adanya pembekuan darah saat terjadi trauma untuk mencegah keluarnya darah yang banyak. Dalam proses penyembuhan luka terjadi menjadi 3 fase, yaitu fase inflamasi, fase proloferasi dan fase maturasi.

Membekas atau tidaknya luka bergantung pada jenis luka yang dialami, termasuk pada kedalaman luka dan bentuk perawatan yang dilakukan untuk menyembuhkan luka tersebut. Kadangkala ada saja bekas luka yang sulit untuk menghilang sendiri dan membekas, simak penjelasan cara ampuh untuk menghilangkan bekas luka dengan bahan alami berikut ini.

1. Menggunakan krim penghilang bekas luka

Cara yang umum dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan krim penghilang bekas jerawat. Penggunaan krim penghilang bekas luka bisa menggunakan Best Beauty Acne Cream.

2. Cangkok kulit (skin graft)

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan melakukan cangkok kulit. Cangkok kulit biasanya dilakukan pada bekas luka yang cukup besar misalnya disebabkan oleh adanya luka bakar. Teknik ini dilakukan dengan cara menanamkan kulit sehat yang diambil dari bagian tubuh lain ke area bekas luka yang diperbaiki.

3. Terapi laser

Bekas luka yang menghitam dapat diatasi dengan melakukan terapi laser. Teknik ini menerapkan sinar laser pada bekas luka dengan mengurangi endapan pigmen yang terdapat pada bekas luka tanpa menghilangkan lapisan di atasnya.

Terapi ini tidak cukup dilakukan sekali, harus mendapatkan terapi berulangkali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Vitamin E

Vitamin E dipercaya juga mampu menghilangkan bekas luka, selain fungsinya yang digunakan untuk melindungi sel dari radikal bebas. Dengan cara ini yaitu menggunakan vitamin E mampu mempercepat waktu penyembuhan dan pemulihan dari bekas luka serta menghilangkan pigmentasi pada bekas luka.

5. Suntikan kortikosteroid

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyuntikan kortikosteroid untuk menghilangkan bekas luka. Teknik ini dilakukan dengan cara menyuntikan kortikosteroid kepada bekas luka.

Menghilangkan bekas luka dengan suntikan kortikosteroid tidak bisa dilakukan hanya sekali saja, dibutuhkan suntikan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menghilangkan bekas luka menggunakan bahan alami

Selain menggunakan 5 cara di atas, terdapat bahan-bahan alami berikut yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments