Berikut Cara Memilih Masker Agar Tak Timbul Jerawat

Best Beauty - Tips Kecantikan
12
Jul, 2021
Reading Time 3 min

Sudah lebih dari setahun Indonesia harus membatasi aktivitas sehari-hari akibat pandemi Covid-19. Karena pandemi ini, kita harus menghadapi new normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan juga memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

Karena harus memakai masker setiap saat dan dalam waktu yang lama, masalah kulit seperti jerawat sering muncul. Ini disebut sebagai masker karena area wajah yang tertutup masker menjadi lembab dan bisa membuat bakteri penyebab jerawat muncul.

Selain merawat menggunakan rangkaian skincare setiap hari, kamu juga perlu menjaga gaya hidup. Oleh karena itu, kali ini kita punya 5 tips yang bisa kamu lakukan saat memilih masker. Simak, yuk!

1. Menggunakan masker sekali pakai

Ada berbagai jenis masker yang bisa kamu gunakan, seperti masker kain atau masker sekali pakai.

Kamu bisa menggunakan masker sekali pakai untuk mencegah jerawat muncul saat kamu memakai masker seharian.

Hal ini bisa efektif karena masker sekali pakai hanya bisa digunakan dalam jumlah jam tertentu sehingga kotoran tidak akan bertahan lama di wajah. Gunakan masker sekali pakai yang memiliki bahan yang lembut dan tentunya tebal untuk mencegah masuknya virus.

2. Menggunakan masker model 3D

Masker model 3D adalah jenis masker yang memiliki bentuk seperti paruh karena memiliki ukuran yang cukup besar untuk area hidung dan mulut. Terdapat ruang yang cukup besar di area bibir dan hidung untuk meminimalkan kemungkinan gesekan antara kulit dan masker.

Karena masker 3D memiliki ukuran yang cukup besar maka sirkulasi udara yang ada akan lebih baik dan tidak sesak. Selain itu, kulit tidak akan mudah lembab sehingga cocok digunakan untuk mencegah munculnya jerawat.

3. Pilih masker yang terbuat dari bahan katun

Tidak semua jenis kain dapat digunakan sebagai masker karena memiliki tingkat ketebalan yang berbeda dan juga tekstur yang berbeda.

Maka dari itu untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah, kamu dapat memakai kain katun yang memiliki tekstur lembut.

Kain katun juga akan nyaman digunakan karena tidak akan membuat sesak nafas saat memakai masker. Selain itu, bahannya yang lembut akan mencegah iritasi kulit dan munculnya jerawat.

4. Gunakan masker kain berwarna polos

Mengenakan masker kain tanpa warna atau polos adalah sesuatu yang harus kamu lakukan. Pasalnya, menggunakan masker kain yang memiliki beragam warna bisa memicu timbulnya jerawat di wajah.

Hal ini karena pewarna pada kain dapat berbahaya bagi kulit wajah, meskipun terlihat stylish dan imut, pewarna tersebut dapat menyebabkan iritasi dan menyumbat pori-pori.

5. Cuci masker dengan cara yang benar

Keuntungan menggunakan masker kain adalah dapat dicuci setelah digunakan. Untuk menjaga kebersihan masker, kamu perlu mencuci masker yang sudah dipakai seharian hingga bersih.

Jangan menggunakan deterjen atau pewangi saat mencuci masker karena dapat meninggalkan residu pada masker. Residu ini bisa memicu munculnya jerawat di wajah.

Nah, itulah lima tips memilih masker untuk menghindari munculnya jerawat di wajah karena memakai masker. Tetap jaga gaya hidup dan jangan lupa cuci muka dengan Best Beauty Facial Wash, ya!

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments