Berikut Penyebab Flek Hitam pada Wajah yang Perlu Diketahui

Best Beauty - Tips Kecantikan
15
Jul, 2021
Reading Time 3 min

Flek hitam adalah hal yang paling umum muncul di wajah. Padahal sebenarnya flek hitam bisa muncul di kulit lengan, dada dan leher. Bintik hitam ini ditandai dengan munculnya bintik hitam kecil yang sering disebut freckles. Penyebab paling umum dari flek hitam di wajah adalah paparan sinar matahari atau ultraviolet.

Paparan sinar matahari akan membuat produksi hormon melanin kulit meningkat. Melanin inilah yang akan menjadi penyebab timbulnya flek hitam di wajah dan menimbulkan flek hitam. Bintik hitam ini akan semakin jelas jika terjadi penumpukan hormon melanin.

Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak akumulasi melanin pada kulit wajah, maka kulit wajah akan semakin gelap. Sebaran flek hitam ini dimulai dari hidung dan pipi. Meski begitu, penyebab flek hitam di wajah bukan hanya sinar matahari tapi masih banyak.

Berikut kita ulas penyebab flek hitam di wajah dari berbagai sumber.

1. Hormon

Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab munculnya flek hitam di wajah. Ketidakseimbangan ini biasanya terjadi pada hormon estrogen, progesteron dan melanin stimulating. Sehingga kondisi seperti ini akan lebih sering terjadi pada ibu hamil. Bintik hitam ini akan muncul di trimester ketiga kehamilan.

2. Kekurangan Vitamin

Penyebab flek hitam di wajah juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin dalam tubuh. Oleh karena itu, vitamin menjadi asupan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kurangnya asupan vitamin akan membuat flek hitam di wajah lebih sering muncul. Untuk menghindari flek hitam, penuhi kebutuhan vitamin B12, vitamin K, dan vitamin E melalui pil atau makanan.

3. Kosmetik

Kandungan kosmetik tertentu bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Ini karena ada bahan kimia dalam kosmetik. Bahan kimia ini dapat memicu melanocyte atau terjadinya produksi melanin yang berlebihan. Beberapa bahan dalam kosmetik juga dapat memicu fotosensitivitas. Kondisi saat kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari meskipun berada di dalam ruangan sepanjang hari.

4. Sinar matahari

Sinar matahari adalah penyebab paling umum dari bintik-bintik gelap di wajah. Sehingga risiko timbulnya flek hitam di wajah akan lebih besar bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar rumah. Kondisi ini dapat dicegah dengan selalu memberikan perlindungan pada kulit wajah sebelum beraktivitas. Resiko flek hitam akibat sinar matahari tidak memandang usia. Jadi, rajin-rajinlah memperhatikan perlindungan kulit wajah agar tidak memicu munculnya flek hitam.

5. Usia

Usia menjadi salah satu penyebab timbulnya flek hitam di wajah. Seseorang yang sudah lanjut usia pasti akan lebih rentan mengalaminya. Pada usia ini, kulit wajah akan kehilangan elastisitasnya. Kondisi ini membuat kulit lebih rentan terhadap flek hitam dan sel kulit yang rusak. Bintik-bintik gelap yang muncul seiring bertambahnya usia disebut lentigines. Lakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan krim anti penuaan sejak usia tiga puluhan untuk menjaga elastisitas kulit.

6. Peradangan

Peradangan bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. Peradangan ini bisa disebabkan oleh jerawat, eksim, dan reaksi alergi yang bisa meninggalkan flek hitam. Saat peradangan sembuh, kulit secara alami akan memproduksi melanin berlebih, yang menggelapkan kulit menjadi bintik hitam. Semakin parah peradangannya, semakin besar dan gelap bintik hitamnya.

7. Genetik

Pigmentasi kulit bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. Persentase terjadinya flek hitam ini sekitar 20 sampai 70 persen. Bintik hitam ini biasa terjadi pada seseorang keturunan hispanik dan berkulit gelap. Meski sebenarnya flek hitam ini lebih sering dialami oleh orang dengan kulit putih.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments