Cara Mengatasi Skin Barrier yang Rusak, Akibatkan Jerawat

Best Beauty - Tips Kecantikan
28
Oct, 2021
Reading Time 2 min

Tahukah kamu bahwa skin barrier yang rusak adalah penyebab jerawat? Penghalang kulit yang rusak ternyata menjadi salah satu kemungkinan penyebab jerawat. Dengan mengetahui bahwa skin barrier yang rusak merupakan penyebab timbulnya jerawat, kamu mungkin dapat mengatasi masalah kulit yang ternyata disebabkan oleh skin barrier yang rusak.

Dilansir dari eskcare.com, inilah penjelasan bagaimana skin barrier yang rusak menjadi penyebab timbulnya jerawat. Yuk, simak penjelasan bagaimana skin barrier yang rusak menjadi penyebab jerawat berikut ini!

Penghalang kulit membantu menjaga kelembaban kulit dengan mencegah Trans Epidermal Water Loss (TEWL), suatu kondisi di mana lapisan kulit kehilangan kadar air. TEWL dapat menyebabkan berjerawat saat terjadi. Faktanya, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa semakin parah TEWL, semakin parah jerawatnya. Dengan demikian, mencegah TEWL dapat membantu mengobati jerawat pada kulit wajah.

Sayangnya, banyak produk perawatan kulit untuk jerawat mengandung benzoil peroksida atau beberapa bentuk Vitamin A yang dapat mengeringkan kulit dan meningkatkan TEWL. Pada saat yang sama, produk dengan bahan-bahan ini juga sangat penting dalam mengatasi jerawat. Jadi, mengatasi jerawat sekaligus menjaga skin barrier sangat penting.

Bagaimana cara menjaga skin barrier pada kondisi kulit berjerawat? Simak tips berikut ini:

1. Gunakan Cream

Menggunakan produk perawatan kulit yang melembapkan seperti Best Beauty Acne Cream pada kulit berjerawat dapat mengurangi iritasi, kemerahan, dan kulit kering.

Para ahli merekomendasikan penggunaan pelembab non-komedogenik untuk kulit berjerawat.

2. Hindari Hal-Hal Yang Dapat Merusak Fungsi Skin Barrier

Hindari sabun cuci muka yang bahannya dapat mengiritasi kulit dan merusak fungsi skin barrier. Langkah pembersihan wajah sangat penting untuk menghilangkan sebum berlebih, namun pilihlah pembersih wajah yang bebas kandungan SLS untuk menghilangkan kotoran secara lembut.

Hindari juga kerusakan akibat paparan sinar UV. UVB dan UVA dapat menyebabkan peradangan dan mengurangi fungsi skin barrier kulit. Gunakan tabir surya spektrum luas dengan formula non-komedogenik dengan sedikit risiko iritasi. Untuk kulit berjerawat, kamu bisa memilih tabir surya berbahan dasar zinc oxide.

Menjaga fungsi skin barrier bisa membantumu mengatasi masalah jerawat, lho. Hindari sabun SLS, lindungi kulit dari sinar matahari, dan gunakan pelembab non-comedogenic.

Nah, itulah beberapa hal yang menjelaskan bagaimana skin barrier yang rusak menjadi penyebab timbulnya jerawat dan cara mengatasinya. Semoga berhasil, kak!

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments