Cara Meratakan Warna Kulit Wajah dengan 3 Cara Berikut

Best Beauty - Tips Kecantikan
23
Jun, 2021
Reading Time 4 min

Warna kulit yang tidak merata dapat menyebabkan rasa percaya diri menurun. Warna kulit yang tidak merata ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti jerawat atau paparan sinar matahari.

Cara meratakan warna kulit bisa dilakukan dengan rutin melakukan perawatan yaitu mengaplikasikan skincare yang tepat sesuai penyebabnya. Karena tidak semua penggelapan pada kulit wajah, disebabkan oleh satu faktor saja.

Sahabat Best Beauty juga harus memahami kandungan aktif dalam skincare yang berfungsi mencerahkan wajah atau meratakan warna kulit, namun tidak menyebabkan iritasi pada kulit atau memicu masalah baru pada kulit wajah. Untuk itu, yuk simak cara meratakan warna kulit berikut yang dikutip dari berbagai sumber:

Penyebab Warna Kulit Tidak Merata

Penggelapan kulit atau warna kulit yang tidak merata, tidak disebabkan oleh satu penyebab saja. Padahal warna kulit yang tidak merata seringkali disebabkan oleh paparan sinar matahari. Penggelapan kulit akibat paparan sinar matahari, sebenarnya terjadi secara alami karena tubuh memproduksi melanin untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel kulit yang terkena sinar ultraviolet.

Warna kulit yang tidak merata juga disebabkan oleh bekas jerawat atau bekas luka. Ini umumnya dikenal sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi (PIH). Bekas jerawat maupun luka yang sudah meradang dan mulai sembuh, kulit akan mengalami kelebihan melanin yang telah membantu proses penyembuhan. Kelebihan melanin inilah yang membuat kulit menjadi gelap dan membuat bekas jerawat atau scar.

Perubahan hormonal dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, seperti munculnya melasma atau bercak-bercak hitam pada kulit, terutama pada pipi bagian atas, hidung, dagu dan bibir atas. Melasma biasanya dialami saat wanita hamil.

Kandungan Bahan Aktif yang Meratakan Warna Kulit

1. Alpha Hydroxy Acids

Alpha Hydroxy Acids (AHA) adalah bahan aktif dalam perawatan kulit, yang meliputi asam alami yang ditemukan dalam makanan, seperti asam glikolat dari tebu, asam sitrat dari jeruk, asam tartarat dari anggur dan asam malat dari apel.

AHA memiliki sifat sebagai exfoliator yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Sehingga kandungan bahan aktif tersebut dapat membantu meratakan warna kulit.

2. Retinol

Retinol adalah vitamin A, yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit untuk mencerahkan wajah. Kandungan senyawa ini aman digunakan untuk kulit berjerawat dan berminyak, karena kandungannya dapat membantu menyamarkan bekas jerawat, mencegah penuaan dini dan memperbaiki tekstur kulit.

3. Vitamin C

Kandungan bahan aktif dalam skincare yang dapat meratakan warna kulit selanjutnya yaitu menggunakan vitamin C. Kandungan vitamin C ini memiliki sifat antioksidan, yang dapat melawan radikal bebas dan paparan sinar matahari, yang baik untuk mencerahkan warna kulit.

4. Niacinamide

Niacinamide adalah bahan aktif yang sangat umum ditemukan dalam produk perawatan kulit yang mencerahkan. Kandungan ini dapat membantu meratakan warna kulit, karena berasal dari vitamin B3 yang juga aman digunakan untuk ibu hamil.

5. Alpha Arbutin

Kandungan yang terakhir adalah alpha arbutin, yang termasuk dalam bahan pencerah. Kandungan ini dapat membantu mengurangi produksi melanin pada kulit, sehingga akan menghambat penggelapan kulit wajah.

Cara meratakan warna kulit

1. Karena Paparan Sinar Matahari

Cara meratakan warna kulit akibat paparan sinar matahari, dapat dilakukan dengan rutin menggunakan produk tabir surya dengan kandungan UV Protection minimal SPF30 PA++, yang digunakan setiap pagi dan sore hari, dan dioleskan setiap 4 jam 30 menit sebelum keluar rumah. rumah.

Pada malam hari, kamu dapat menggunakan sheet mask yang mengandung vitamin C atau niacinamide, yang dapat membantu meratakan warna kulit di malam hari, dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

2. Karena Bekas Jerawat atau Luka

Perawatan kulit wajah dengan produk skincare yang dapat membantu meratakan warna kulit wajah akibat bekas jerawat atau luka yaitu skincare yang berfungsi sebagai exfoliator. Kamu bisa menggunakan toner yang mengandung AHA dan serum retinol di malam hari, lalu di pagi hari gunakan serum yang mengandung niacinamide, alpha arbutin atau vitamin C. Jangan lupa pakai sunscreen juga.

3. Karena Perubahan Hormon

Perubahan hormonal merupakan hal yang wajar dialami oleh tubuh. Untuk meratakan warna kulit akibat perubahan hormonal saat hamil, kamu bisa menggunakan produk niacinamide yang aman untuk ibu hamil.

Share this
4.7 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments