Hempaskan Komedo dengan Cara Ini

Best Beauty - Tips Kecantikan
05
Feb, 2022
Reading Time 2 min

Tak sedikit wanita yang merasa tidak nyaman saat muncul komedo di wajahnya. Komedo atau bintik putih kecil di permukaan wajah seringkali menjadi momok yang membuat para wanita senewen. Munculnya komedo ini bisa membuat rasa percaya diri menurun. Komedo sendiri berasal dari kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak pada kulit, yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit dan debu.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo hitam? Sebenarnya cara menghilangkan komedo tidak selalu harus melalui obat-obatan atau krim wajah. Ada juga cara yang cukup sederhana, misalnya dengan menggunakan air hangat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo dengan air hangat?

Air Hangat dan Uap Panas

Pertama-tama, kita harus menyediakan alat untuk mengompres wajah. Pilih kain lembut atau handuk lembut. Selain itu, sediakan juga air hangat untuk mengompres. Air hangat ini berguna untuk membuka pori-pori wajah, sehingga sumbatan akibat komedo lebih mudah dihilangkan. Kompres wajah kamu selama sekitar lima hingga 10 menit.

Langkah kedua untuk menghilangkan komedo dengan air hangat, letakkan plester komedo di wajah yang masih lembut setelah dikompres hangat. Jangan menunggu sampai wajah kamu kering, karena kelembapan ini akan membantu plester menempel pada kulit dan komedo. Biarkan plester ini selama 10-15 menit sebelum melepasnya.

Langkah selanjutnya, kita bisa menyiasati komedo membandel dengan menekan perlahan dengan jari kita. Ingat, pastikan jari kamu bersih. Jangan juga memencet komedo menggunakan kuku.

Jika komedo yang tersisa tidak keluar, jangan ditekan terlalu keras, karena dapat merusak kulit di sekitarnya. Oleh karena itu, coba kompres kembali menggunakan air hangat, lalu tekan kembali. Selain jari, kamu bisa menggunakan alat khusus untuk menekan komedo.

Selain mengompres menggunakan air hangat, kita juga bisa menggunakan uap panas untuk membasmi komedo. Uap panas ini dapat membuka pori-pori kulit dan menghilangkan komedo yang tersumbat di wajah. Metodenya cukup sederhana.

Masukkan herba kering (1 sendok makan atau 3-4 kantong teh), atau 1-3 tetes minyak esensial ke dalam mangkuk tahan panas yang besar, lalu tambahkan satu liter air mendidih.

  • Sediakan handuk untuk menutupi wajah ke mangkuk agar uap panas terfokus pada wajah.
  • Posisikan wajah kamu tepat di atas wadah air panas, lalu sapukan uapnya ke arah wajah kamu.
  • Uapi wajah kamu dan pijat lembut komedo di wajah kamu.
  • Saat komedo sudah keluar, bersihkan wajah dengan handuk.

Nah, jika kamu ingin menggunakan skincare untuk mengatasi komedo, kamu bisa banget kok menggunakan Best Beauty Acne Cream dan jug Acne Serum. Dijamin komedo dan jerawat ngcir deh dari kulit wajah cantikmu.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments