Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit!

Best Beauty - Tips Kecantikan
16
Jul, 2021
Reading Time 3 min

Siapa juga sih yang gak kepingin memiliki kulit yang sehat dan bersih? Sayangnya, meski sudah melakukan berbagai perawatan kecantikan, ternyata masih banyak faktor yang bisa merusak kulit. Faktor ini tidak hanya berasal dari lingkungan seperti paparan sinar UV, polusi atau radikal bebas yang dapat merusak kulit. Akan tetapi juga dari kebiasaan buruk yang sering kita lakukan.

Kebiasaan buruk ini tidak hanya terjadi saat kita malas membersihkan wajah atau menggunakan produk perawatan kulit, lho. Menggunakan produk skincare yang salah, cara perawatan kulit yang salah atau gaya hidup kita yang tidak sehat juga bisa menjadi kebiasaan buruk yang tidak kita sadari dapat merusak kesehatan dan kecantikan kulit!

Nah, jika kita masih melakukan beberapa kebiasaan buruk di bawah ini, yuk! hentikan sekarang juga, agar kulit kita semakin cantik dan sehat.

1. Menggunakan Produk Perawatan Kulit dengan Kandungan Alkohol Tinggi

Kandungan alkohol yang terdapat pada produk perawatan kulit dan makeup berfungsi sebagai pelarut, pengemulsi dan antiseptik. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan kulit berminyak pada kulit wajah. Kandungan ini juga berfungsi untuk meminimalisir tumbuhnya bakteri pada produk dan dapat membantu penyerapan skincare pada kulit wajah dengan lebih optimal.

Sayangnya, kandungan alkohol dalam skincare yang terlalu tinggi bisa memicu kerusakan kulit lho, kak. Apalagi bagi kita yang memiliki kulit sensitif atau kering, dapat menyebabkan iritasi, kemerahan atau kulit mengelupas. Oleh karena itu, kita perlu selalu memperhatikan kondisi kulit dan juga kandungan yang terdapat dalam produk yang akan kamu gunakan agar dapat mewujudkan kulit yang diinginkan.

2. Eksfoliasi Kulit Berlebihan

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah cara untuk mengangkat sel kulit mati. Metode perawatan kulit yang satu ini juga memiliki banyak manfaat yakni mencerahkan wajah, mengurangi komedo, dan juga dapat menyamarkan kerutan halus.

Meski memiliki banyak manfaat, perawatan wajah yang dilakukan secara berlebihan dapat merusak skin barrier kita sehingga kulit menjadi rentan terhadap bakteri, kering, kasar atau minyak berlebih.

3. Tidur dengan Riasan

Tak sedikit yang pernah merasa bersalah karena terlalu malas menghilangkan riasan di malam hari. Jika ini berlanjut malam demi malam, itu menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dari waktu ke waktu, membuat kulit tidak punya waktu untuk mengisi kembali dalam semalam. 

Solusinya adalah dengan selalu menyimpan semua pembersih penghapus riasan di dekat meja samping tempat tidur. Hal ini pasti akan memungkinkan kebiasaan sehari-hari untuk menghapus riasan sebelum terlelap.

4. Lupa Memakai Day Cream

Baiknya jangan deh!! Lakukan rutinitas pagi hari yang terdiri dari penggunaan formula yang mengandung SPF untuk melindungi kulit secara menyeluruh yakni Best Beauty Day Cream. Karena krim ini berfungsi untuk melindungi kulit wajah kamu saat beraktifitas. Yang dimana saat beraktifitas akan terpapar sinar UVA dan UVB di siang hari. 

Hal ini disebabkan karena potensi cahaya untuk merusak kulit dapat menyebabkan efek samping jangka panjang.

5. Tidak Menjaga Kebersihan Produk Skincare

Bukan hanya spons, kuas atau alat kecantikan lainnya yang perlu dijaga kebersihannya, tetapi juga kebersihan produk Best Beauty skincare yang kita gunakan. Produk perawatan kulit yang kotor tidak hanya tidak sedap dipandang tetapi juga berbahaya untuk digunakan.

Maka dari itu, pastikan untuk selalu menutup produk yang telah digunakan dengan benar dan membersihkannya jika ada kotoran yang menempel pada produk. Perhatikan juga tempat penyimpanan produk agar tidak mudah rusak, ya!

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments