Hindari Kebiasaan yang Bisa memicu Terjadinya Kerutan di Usia Muda

Best Beauty - Tips Kecantikan
05
Feb, 2022
Reading Time 3 min

Kulit keriput dan kendur sering dikaitkan dengan proses penuaan seseorang. Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastisitas kulit manusia melemah. Meski karena faktor usia, kerutan juga bisa muncul akibat penuaan dini. Yah, meski kerutan bukanlah sesuatu yang bisa dihindari selamanya tapi bukan berarti tidak bisa diperlambat.

Agar terjauhkan dari penuaan dini, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan berikut yang bisa memicu terjadinya kerutan di usia muda:

1. Merokok

Selain mengancam kesehatan jantung dan paru-paru, merokok juga bisa memicu penuaan dini pada kulit. Karena merokok dapat menyebabkan perubahan bahkan menyumbat suplai darah dalam tubuh, terutama pada kulit.

Hal inilah yang kemudian diyakini menjadi alasan mengapa merokok dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit lebih cepat terjadi. Jika tidak ingin cepat tua, lebih baik kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan yang satu ini.

2. Kurang Konsumsi Sayur dan Buah

Kurangnya asupan sayur dan buah juga bisa membuat seseorang mengalami penuaan dini. Pasalnya, sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk melawan radikal bebas penyebab kerutan di wajah. Artinya, mengurangi konsumsi jenis makanan ini bisa menyebabkan fungsi ini tidak dimiliki oleh kulit.

Selain itu, sayur dan buah banyak mengandung vitamin C dan vitamin E. Kedua jenis nutrisi ini sebenarnya berperan penting dalam menjaga kadar kolagen dan elastisitas kulit. Jadi jangan malas makan sayur dan buah ya? Apalagi jika kamu memiliki aktivitas tinggi di luar ruangan.

3. Kurang tidur

Pada orang dewasa, durasi tidur yang dianjurkan adalah 7-8 jam di malam hari. Dan kurang tidur justru bisa menyebabkan penuaan kulit terjadi lebih cepat. Pasalnya, kurang tidur bisa melemahkan kadar kolagen di kulit dan memicu risiko keriput di segala usia.

Kurang tidur dapat melemahkan hingga 70 persen kadar kolagen kulit seseorang. Bahkan, terlalu sering mengalami kurang tidur alias begadang bisa membuat seseorang terlihat lebih tua hingga 2,5 tahun.

Mencegah Penuaan Dini

Untuk mencegah penuaan dini, tentunya ada hal-hal yang perlu dilakukan. Mulai dari rutin menjaga kelembapan kulit, hingga memilih perawatan yang tepat. Dapat dimulai dengan menggunakan tabir surya setiap 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Agar tetap terlindungi, gunakan tabir surya minimal 30 SPF dan aplikasikan ulang setiap 2-3 jam. Tetapi penting untuk memperhatikan kebutuhan kulit, kamu mungkin memerlukan jenis perawatan lain.

Selain itu, menghindari kebiasaan merokok dan menjauhi asap rokok juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Minuman beralkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu penuaan lebih cepat.

Makan lebih banyak buah dan sayuran, dan hindari makanan yang tinggi gula dan lemak. Karena jenis makanan ini bisa memperburuk kondisi tubuh. Penuaan pada kulit juga dapat dicegah dengan menghindari dan mengelola stres, cobalah untuk lebih rileks. Serta hindari begadang dan banyak mengkonsumsi air putih minimal 2 liter dalam satu hari.

Meski tidak berbahaya, kerutan pada kulit, terutama wajah, tentu bisa mengganggu penampilan. Selain cara-cara di atas, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan kulit untuk mengetahui jenis perawatan yang tepat dan kebutuhan tubuh kamu.

Nah, untuk mengatasi tanda penuaan dini, kamu bisa banget kok menggunakan Best Beauty Ultimate Cream. Kandungan khusus yang diformulasikan untuk mengatasi tanda penuaan dini, seperti keruta, garis tipis dan juga flek hitam.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments