Ini Fungsi dan 5 Cara Memakai Toner yang Baik dan Benar

Best Beauty - Tips Kecantikan
25
Jun, 2021
Reading Time 3 min

Toner merupakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif untuk mengangkat kotoran, minyak, dan sisa make up. Selain itu, fungsi toner juga dapat menambah kelembaban pada kulit sehingga tidak kering setelah mencuci muka.

Apa itu toner?

Toner adalah produk perawatan kulit yang bahan utamanya adalah air. Biasanya toner digunakan untuk menghilangkan sisa riasan, kotoran, dan minyak berlebih yang masih menempel di kulit setelah kamu mencuci muka.

Produk skincare ini umumnya juga mengandung berbagai bahan aktif dengan kegunaannya masing-masing. Beberapa di antaranya adalah gliserin untuk menjaga kelembapan kulit, ekstrak herbal dan bunga sebagai antioksidan, serta niacinamide untuk kulit cerah.

Apa fungsi toner?

Toner adalah langkah kedua dari proses pembersihan. Manfaatnya bila digunakan dengan benar adalah dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan sel kulit mati yang mungkin tertinggal di wajah setelah mencuci muka.

Toner yang baik dapat membantu kulit menyerap bahan aktif dalam produk perawatan kulit lebih cepat. Namun, ini hanya berlaku untuk kulit lembab karena kulit lembab menyerap produk lebih baik daripada kulit kering.

Setelah mengetahui fungsi toner, berikut panduan cara menggunakan toner dengan benar:

1. Gunakan Setelah Membersihkan Wajah

Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan Best Beauty Facial Wash. Jika kamu menggunakan make-up, kamu harus terlebih dahulu membersihkan sisa make-up menggunakan make-up remover, dan dilanjutkan dengan produk pembersih wajah.

2. Tangan Harus Bersih

Cuci tangan kamu sebelum menggunakan toner. Hal ini dikarenakan toner akan berfungsi maksimal jika tangan dalam keadaan bersih sehingga kotoran dari tangan tidak menempel pada wajah dan menimbulkan kotoran baru.

3. Gunakan Kapas

Selanjutnya, tuangkan satu hingga tiga tetes Best Beauty Toner ke kapas. Pastikan produk dalam kapas cukup untuk seluruh wajah kamu, tetapi sebisa mungkin jangan terlalu basah. Kemudian usapkan kapas yang telah diberi toner ke seluruh wajah dan leher dengan arah ke atas dan berikan tekanan yang cukup agar wajah terlihat segar.

4. Gunakan Pagi dan Malam

Gunakan toner secukupnya, jika terlalu banyak akan membuat wajah memproduksi minyak berlebih dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Gunakan toner di pagi dan malam hari, terutama bagi yang memiliki kulit berminyak. Sedangkan untuk kulit kering, gunakan toner hanya pada malam hari untuk mengurangi pori-pori tersumbat. Gunakan toner setelah membersihkan wajah, sebelum menggunakan perawatan wajah dan serum. Toner dapat digunakan sebagai pelindung kotoran dan minyak.

5. Gunakan Pelembab

Setelah menggunakan toner, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Ini akan menjaga kulit tetap lembab, halus, dan kulit wajah kamu akan lebih sehat.

Itulah 5 cara penggunaan Best Beauty Toner yang baik dan benar. Dengan memahami penggunaan toner yang benar, kamu dapat memaksimalkan khasiat dan fungsi toner untuk kesehatan kulit wajah kamu. Semoga berhasil, ya!

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments