Inilah Alasan Kulit Berminyak Lebih Mudah Terkena Jerawat

Best Beauty - Tips Kecantikan
17
Feb, 2022
Reading Time 3 min

Kulit merupakan bagian tubuh yang sensitif, terutama kulit wajah. Ada beberapa jenis kulit pada manusia, yaitu kulit kering dan kulit berminyak. Kulit berminyak bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita.

Kulit berminyak juga dikatakan rentan terhadap jerawat. Tak sedikit orang yang menganggap memiliki kulit berminyak merupakan hal yang menyebalkan. Meski begitu, jerawat umumnya terjadi pada masa remaja.

Beberapa orang dengan kulit berminyak bisa mengalami jerawat ringan hingga parah. Pada seseorang yang kulit wajahnya berminyak, kelenjar tersebut dapat mencegah kulit kering. Selain itu, orang dengan kulit berminyak memiliki kulit yang lebih tebal dan elastis.

Penyebab kulit berminyak rentan berjerawat

Seseorang yang memiliki kulit berminyak memiliki banyak pori-pori. Ini berfungsi untuk mengeluarkan keringat dari tubuh dan tempat keluarnya minyak. Kedua hal ini merupakan faktor yang penting bagi tubuh.

Keringat yang keluar dari kulit dapat menjaga suhu tubuh. Sementara itu, minyak yang dikeluarkan dapat melindungi kulit kamu. Selain itu, seseorang dengan pori-pori besar lebih cenderung memiliki kulit berminyak.

Saat pori-pori jarang dibersihkan dan debu atau kotoran bisa menempel. Minyak di wajah bisa bercampur dengan debu atau kotoran, sehingga menyumbat pori-pori. Jika ini terjadi, jerawat bisa muncul di wajah.

Fluktuasi hormon juga bisa terjadi saat wanita sedang menstruasi, sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap jerawat. Bila itu terjadi, kamu bisa mencegahnya dengan rajin mencuci muka dan menjaga wajah bebas minyak.

Penyebab Kulit Berminyak di Wajah

Kulit berminyak bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kulit, sehingga hal ini terjadi. Berikut beberapa penyebab kulit berminyak di wajah:

1. Faktor genetik

Kulit berminyak bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Jika salah satu orang tua kamu memiliki jenis kulit ini, kemungkinan kamu juga bisa mengalami hal yang sama.

2. Faktor usia

Seseorang yang lebih muda akan memproduksi lebih banyak minyak pada kulitnya. Orang yang lebih tua akan menghasilkan lebih sedikit minyak. Ini karena tubuh kehilangan beberapa protein, seperti kolagen dan kelenjar sebaceous.

3. Pori-pori membesar

Pori-pori pada tubuh seseorang dapat meregang seiring bertambahnya usia, penambahan berat badan, dan jerawat sebelumnya. Kondisi tersebut dapat menghasilkan lebih banyak minyak. Jerawat dapat dicegah dengan mencuci muka secara teratur.

4. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Tepat

Kulit berminyak juga bisa disebabkan oleh produk perawatan kulit yang kamu gunakan. Kamu harus tahu kandungan yang tidak cocok untuk kulit kamu. kamu juga dapat menyesuaikan produk yang kamu gunakan sesuai dengan musim saat ini.

Hal yang Dapat kamu Lakukan untuk Mencegah Kulit Berminyak?

Kulit berminyak di tubuh kamu tidak selalu merupakan hal yang buruk. Keuntungan dari ini adalah bahwa wajah kamu kurang rentan terhadap kerutan dibandingkan seseorang dengan kulit kering. Untuk mencegah timbulnya jerawat akibat kulit berminyak, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti:

1. Bersihkan Wajah kamu Dua Kali Sehari

Salah satu cara mudah untuk mencegah kulit berminyak adalah dengan membersihkan wajah dua kali sehari. Meski begitu, sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya. Hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit.

2. Menggunakan Astringent

Astringents adalah hal yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol minyak. Ini membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan mengencangkan pori-pori kulit kamu.

3. Jangan Menggosok Kulit

Seseorang dengan kulit berminyak sering menggosok kulitnya. Sebenarnya cara ini tidak berdampak apa-apa. Selain itu juga dapat menyebabkan iritasi pada wajah.

Nah, itulah penjelasan seputar alasan kulit berminyak lebih mudah terkena jerawat. Tapi jangan takut, sekarang kamu bisa menggunakan Paket Acne dan juga Acne Serum dari Best Beauty Skincare. Dengan kandungan khusus, akan membantu kulit wajahmu terjauhkan dari jerawat yang mengganggu.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments