Inilah Berbagai Perawatan untuk Menghilankan Bekas Jerawat

Best Beauty - Tips Kecantikan
09
Feb, 2022
Reading Time 3 min

Jerawat yang hinggap di wajah tentu membuat kamu kesal karena mengganggu penampilan, ya. Bahkan setelah jerawat sembuh, kamu mungkin berjuang lagi dengan bekas jerawat hitam itu. Lalu, adakah perawatan kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat? Sebenarnya ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk menyamarkan bekas jerawat.

Masalahnya, perawatan kecantikan itu tidak menjamin bekas jerawat bisa hilang sepenuhnya, jika hanya dilakukan sekali saja.

Berbagai Perawatan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika kamu bertekad untuk menghilangkan bekas jerawat, berikut beberapa jenis perawatan kecantikan yang bisa kamu lakukan:

1. Dermabrasi

Perawatan ini sebenarnya bertujuan untuk menghilangkan bekas luka. Dengan menggunakan sikat berkecepatan tinggi atau alat lain untuk melapisi kembali kulit, kedalaman bekas luka akan dihilangkan atau setidaknya dikurangi. Pemulihan setelah perawatan ini biasanya memakan waktu beberapa hari.

2. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi bisa dibilang merupakan jenis dermabrasi yang kurang intensif. Dalam prosedurnya, dokter kulit akan menggunakan semprotan kristal kecil sebagai pengganti sikat berkecepatan tinggi, untuk menghilangkan permukaan kulit. Untuk bisa menghilangkan bekas jerawat secara tuntas, biasanya dibutuhkan lebih dari satu kali perawatan.

3. Chemical Peels

Perawatan kecantikan ini dapat mengurangi bekas yang dangkal dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi, di sekitar lesi jerawat yang telah sembuh. Prosedur pengelupasan ini biasanya dilakukan oleh dokter, perawat, praktisi perawat, atau ahli kecantikan spa dan melibatkan pengolesan bahan kimia pada kulit untuk menghilangkan lapisan luarnya. Kemudian, kulit akan lebih halus dan warnanya lebih merata. Namun, kamu mungkin mengalami kemerahan dan pengelupasan kulit selama beberapa hari sesudahnya.

4. Asam Retinoat

Untuk bekas jerawat yang sudah meninggalkan bekas, perawatan penghilangan bekas jerawat secara teratur tidak dianjurkan. Bekas jerawat seperti ini biasanya bisa dihilangkan dengan mengoleskan krim asam retinoat pada area kulit yang memiliki bekas jerawat. Perawatan ini bisa dibilang cukup efektif, terutama dalam menghilangkan bekas luka keloid.

5. Laser

Untuk menghilangkan lapisan luar kulit dan kontur area bekas jerawat, ahli biasanya akan menggunakan laser. Prosedur ini juga bisa dilakukan untuk meredakan kemerahan yang muncul di sekitar lesi jerawat yang sudah sembuh. Jenis laser yang digunakan akan tergantung pada jenis bekas jerawat, dan biasanya dibutuhkan lebih dari satu kali perawatan untuk menghilangkan jerawat sepenuhnya.

6. FillerĀ 

Perawatan ini cukup efektif untuk mengobati bekas jerawat yang dalam dan bopeng, dengan menggunakan zat-zat seperti kolagen, asam hialuronat, atau lemak untuk “mengisi” bekas jerawat. Karena bahan pengisi yang digunakan dapat diserap ke dalam kulit, kamu biasanya harus mengulangi prosedur ini secara berkala. Biasanya perlu dilakukan setiap beberapa bulan, tergantung pada jenis produk yang digunakan.

7. Punch Excisions

Merupakan jenis operasi kulit yang bertujuan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cara mengiris satu per satu, atau memotong bekasnya. Kemudian, lubang bekas sayatan akan diperbaiki dengan jahitan atau cangkok kulit. Cara ini sering digunakan untuk mengobati bekas jerawat yang berbintik-bintik.

8. Pencangkokan kulit

Dalam prosedurnya, dokter akan menggunakan sepotong kecil kulit normal untuk mengisi area yang terluka. Bahan cangkok kulit biasanya diambil dari kulit di belakang telinga. Jenis perawatan ini juga dapat digunakan ketika perawatan penghilangan bekas luka jerawat, seperti dermabrasi, meninggalkan lubang besar di kulit.

Nah, setelah tahu berbagai cara untuk mengatasi jerawat, kamu bisa lho mengatasi jerawat dengan harga yang terjangkau dan juga hasil yang maksimal. Dengan mengaplikasikan Best Beauty Acne Package, jerawat yang mengganggu penampilanmu bakal ngacir, deh.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments