Inilah Ciri-Ciri Skincare yang Berbahaya untuk Wajahmu

Best Beauty - Tips Kecantikan
28
Jun, 2021
Reading Time 2 min

Wanita pasti mendambakan memiliki wajah yang flawless. Untuk mendapatkannya, banyak wanita melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menggunakan skincare. 

Sayangnya, tidak semua produk perawatan kulit aman digunakan. Lalu bagaimana cara memilih produk skincare yang tepat agar terhindar dari masalah kulit? Simak informasi berikut mengenai ciri-ciri produk perawatan kulit yang berbahaya.

TIDAK TERDAFTAR DI BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) adalah lembaga yang bertugas mengawasi legalitas dan menetapkan standar keamanan obat dan makanan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kamu perlu melihat produk perawatan kulit apakah sudah terdaftar dan lolos uji mutu di BPOM. 

Biasanya untuk mengecek apakah produk perawatan kulit tersebut sudah terdaftar atau belum, kamu bisa mengecek paket perawatan kulit tersebut dengan melihat nomor daftar pada label produk. Kemudian cek di website resmi BPOM RI di https://cekbpom.pom.go.id/.

BAU MENYENGAT

Produk perawatan kulit yang berbahaya juga bisa dikenali dari baunya saja. Biasanya, produk perawatan kulit berbau tajam dan menyengat. Hal ini bertujuan untuk menyembunyikan bau khas logam merkuri yang biasanya sulit dinetralkan. 

Ketahuilah bahwa produk perawatan kulit yang aman akan memiliki aroma yang lembut, samar, bahkan tanpa pewangi dan biasanya berasal dari bahan alami seperti bunga, buah, atau bahan alami lainnya.

WARNA KRIM WAJAH MENCOLOK

Produk perawatan kulit yang berbahaya juga bisa dilihat dari tampilan teksturnya. Pada umumnya krim wajah yang berbahaya akan terasa lengket dengan warna yang mencolok yaitu putih glossy atau kuning tidak rata. 

Terkadang ada juga produk yang warnanya disamarkan dengan warna lain dengan menggunakan pewarna tekstil, bukan pewarna khusus untuk produk kosmetik dan mengandung merkuri.

KANDUNGAN BAHAN

Selain mengenali ciri-ciri produk perawatan kulit yang berbahaya, ada baiknya kamu juga mengetahui zat apa saja yang berbahaya bagi kulit. Beberapa di antaranya termasuk hidroquinon, merkuri, pewarna merah K3, dan merah K10. 

Jika kamu menemukan perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan tersebut, sebaiknya jangan membelinya apalagi menggunakannya.

Perlu dipahami bahwa produk perawatan kulit yang aman membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kulit. Sementara itu, produk perawatan kulit yang berbahaya akan mengubah kulit dengan cepat. Ketika setelah menggunakan krim ilegal, reaksi biasanya menyebabkan kulit wajah menjadi perih, panas hingga rasa terbakar.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments