Inilah Tips untuk Menghilangkan Flek Hitam yang Muncul di Wajah

Best Beauty - Tips Kecantikan
14
Jan, 2022
Reading Time 3 min

Banyak hal yang menyebabkan flek hitam di wajah, salah satunya adalah hiperpigmentasi. Kondisi ini biasa terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Melanin dibuat oleh sel-sel di kulit dan merupakan pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit.

Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, jaringan parut, penuaan, dan banyak lagi. Selain itu, obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan munculnya flek hitam di wajah. Pigmentasi kulit menyebabkan perubahan warna pada kulit sehingga muncul bintik-bintik hitam.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah?

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami

Ada beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai perawatan kulit untuk menghilangkan flek hitam:

1. Masker Delima

Banyak ahli menyarankan bahwa asam ellagic (senyawa antioksidan dalam buah delima, ceri, dan stroberi) dapat membantu mengobati bintik hitam di wajah. Melansir dari Very Well Health, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 mengulas penggunaan topikal ekstrak kulit buah delima pada kulit selama 12 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tersebut berdampak pada bintik hitam dan kadar melanin kulit.

2. Teh hijau

Teh hijau kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), senyawa polifenol yang dikatakan memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi kulit. Penelitian awal menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mengurangi produksi melanin. Selain itu, teh hijau juga memiliki efek positif pada hidrasi kulit, retensi kelembaban, dan pembentukan kerutan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa teh hitam yang difermentasi menghasilkan polifenol yang dapat menghambat pembentukan, dan pengendapan melanin ke tingkat yang lebih besar.

3. Kedelai

Zat dalam tanaman kedelai konon berguna untuk mencerahkan kulit. Penelitian juga menunjukkan bahwa kedelai dapat melindungi dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh UVB.

4. Minyak esensial

Minyak atsiri yang digunakan dalam aromaterapi (yuzu essential oil), sering disebut sebagai obat berbagai masalah kulit, termasuk flek hitam di wajah. Para ahli juga menyarankan bahwa banyak minyak esensial memiliki efek antipenuaan pada kulit.

Melansir Very Well Health, sebuah penelitian laboratorium menemukan bahwa ekstrak yuzu yang dioleskan pada kulit dapat mengurangi kandungan melanin pada kulit.

5. Masker bubuk kunyit

Bubuk kunyit juga dikatakan dapat meringankan bintik-bintik gelap di wajah. Namun, kamu perlu mencampur bubuk kunyit dengan bahan lain untuk mendapatkan hasil yang cepat. Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 1-2 sendok teh susu dan 1 sendok teh jus lemon.

Campur ketiga bahan tersebut hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab. Kamu dapat melakukan rutinitas ini setiap hari selama dua minggu untuk melihat perbedaan besar dalam waktu singkat.

Nah, buat kamu yang ingin menghilangkan flek hitam yang muncul di kulit wajah cantiku, kamu bisa banget menggunakan Best Beauty Skincare paket Ultimate. Dengan kandungan khusus yang bisa menghempaskan flek hitam dan tanda-tanda penuaan yang sudah mulai muncul di kulit cantikmu.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments