Jangan Lakukan 5 Tips Ini Jika Wajah Sedang Breakout

Best Beauty - Tips Kecantikan
10
Jul, 2021
Reading Time 3 min

Breakout pasti bukan pengalaman yang menyenangkan, kan? Wajah penuh jerawat dan komedo, terlihat kemerahan, membuat kamu kurang percaya diri. Untuk mengatasi breakout, kamu mencari berbagai cara dan mencoba menjalaninya dengan beberapa tips kecantikan. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa tips kecantikan yang justru bisa memperburuk kondisi breakout?

Tidak semua tips kecantikan dan kesehatan kulit yang kamu temukan cocok untuk semua kondisi kulit, terutama untuk kondisi kulit yang sedang mengalami breakout. Melansir dari Bustle, berikut beberapa tips kecantikan yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat sedang breakout.

Jangan gunakan pelembab

Sebagian orang beranggapan bahwa jika kamu memiliki kulit acne-prone atau kulit berjerawat, kamu tidak perlu menggunakan pelembab. Anggapan ini muncul karena minyak dapat menyumbat pori-pori dan memunculkan bintik-bintik di wajah, sehingga lebih baik membiarkan wajah dalam kondisi kering.

Bahkan, para ahli kecantikan mengatakan bahwa anggapan tersebut hanyalah sebuah mitos. Sebaliknya, kulit wajah yang rentan berjerawat sebaiknya menggunakan pelembab karena biasanya kondisi breakout bisa menjadi lebih parah akibat peradangan dan kekeringan.

Jadi pada dasarnya, kamu tidak dapat mengembalikan lapisan pelindung alami kulit kamu tanpa hidrasi yang efektif. Karena itu, kamu perlu menjaga kelembaban kulit berminyak. Pilih pelembab yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

Gunakan lebih banyak produk dalam rutinitas kecantikan 

Banyak orang berpikir bahwa menggunakan banyak produk perawatan kulit dapat mencegah wajah dari berbagai masalah kulit. Padahal, menggunakan banyak produk berbeda untuk merawat kulit justru bisa memperburuk kondisi dan bisa menimbulkan masalah baru, seperti berjerawat. Hal ini bisa timbul karena bertemunya beberapa kandungan produk yang tidak sesuai.

Pakar kecantikan merekomendasikan untuk fokus pada rutinitas kecantikan atau perawatan kulit sederhana, seperti langkah Simple Best Beauty Skincare Routine yakni cleanse-toner-serum-moisturise. Dengan langkah perawatan seperti ini, kulit wajah bisa menyesuaikan diri dengan rutinitas dan membangun kembali kekuatannya. Selain itu, penting untuk memperhatikan bahan-bahan tertentu yang dapat mengatasi masalah kulit kamu. Produk dengan kandungan yang tepat, tidak akan membuat kamu membutuhkan banyak produk lainnya.

Menggunakan produk dengan kandungan asam dan aktif yang banyak

Bahan aktif ampuh mengatasi masalah kulit wajah. Namun, menggunakannya secara berlebihan dapat memperburuk kondisi kulit. Khusus untuk kulit berjerawat yang sedang mengalami breakout, para ahli menyarankan untuk memilih skincare yang kaya akan antioksidan dan anti inflamasi. Karena, kandungan tersebut dapat membangun kembali kesehatan kulit dan fungsi lapisan pelindung kulit.

Para ahli tidak menganjurkan penggunaan skincare dengan bahan aktif seperti asam salisilat dan retinol jika tidak disertai dengan bahan antioksidan atau anti inflamasi. Karena dalam kondisi kulit berjerawat, tujuan terpenting adalah melindungi kesehatan kulit dan mendapatkan hasil yang optimal dari rutinitas kecantikan kamu.

Berjemur dapat mengurangi noda hitam

Ada pepatah tradisional yang mengatakan bahwa kamu dapat mengurangi bintik hitam di wajah kamu dengan berjemur di bawah sinar matahari secara langsung. Beberapa ahli setuju bahwa paparan sinar matahari dapat mengurangi inflamasi. Namun, penting untuk diingat bahwa matahari juga memiliki efek buruk pada kulit, ya.

Dalam jangka pendek, membiarkan kulit kamu terkena sinar matahari dapat mengurangi tanda-tanda jerawat. Namun dalam jangka panjang, paparan sinar matahari bisa berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh saat melawan sel kanker. Selain itu, sinar matahari dapat menyebabkan dehidrasi, yang memicu produksi minyak saat kulit berjuang untuk mengatasi kondisi tersebut. Secara tidak langsung, itu bisa menyebabkan breakout lagi.

Hindari SPF karena membuat berminyak

Faktanya, pemilik kulit berminyak pun perlu menggunakan SPF untuk memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari. Pilih saja SPF dengan formula khusus untuk kulit berminyak agar tidak terasa licin atau lengket di kulit, serta tidak memperburuk kondisi kulit.

Lima tips perawatan kulit yang dipercaya bisa mengatasi wajah berjerawat ini, ternyata bisa memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan riset lebih dalam sebelum melakukan berbagai tips kecantikan kulit, terutama pada kulit yang rentan berjerawat, seperti menemui ahli kecantikan.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments