Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Berjerawat dan Kusam

Best Beauty - Tips Kecantikan
12
Jul, 2021
Reading Time 2 min

Jerawat seringkali menjadi masalah kulit yang dianggap mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat kusam. Sudah diobati dan hilang, jerawat terkadang muncul kembali tanpa diundang. 

Hmm.. mungkin ada beberapa hal yang sering kamu lakukan tanpa disadari dan membuat jerawat sering kambuh. Ya, inilah beberapa kebiasaan sepele yang harus kamu tinggalkan jika tidak ingin kulit wajah berjerawat dan kusam:

1. Konsumsi banyak makanan dengan indeks glikemik tinggi

Tanpa disadari, jerawat bisa muncul akibat makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi (glycaemic index atau GI) tidak hanya memperburuk jerawat, tetapi juga dapat menyebabkan jerawat baru. 

Makanan manis merangsang hormon androgen yang dapat memicu kelebihan kelenjar pada kulit. Minyak berlebih ini akhirnya bisa membuat kotoran, debu, dan benda asing mudah menempel, sehingga bisa menyumbat pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat. Makanan tersebut bisa berupa coklat, gula, dan lemak.

2. Sering menyentuh area wajah

Tanpa disadari, tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak mengandung kotoran dan bakteri, jika tidak rutin mencuci tangan. Kebiasaan yang terlihat sepele ini tanpa disadari dapat memicu timbulnya jerawat di wajah. 

Jika wajah terasa gatal dan tidak sempat mencuci tangan, sebaiknya gunakan tisu bersih untuk menyentuh wajah, jika tidak ingin jerawat muncul dan terlihat kusam.

3. Tidak memperhatikan bahan skincare dan makeup

Pastikan kamu memilih makeup, skincare dan perlengkapan rias yang tidak berbahan dasar minyak. Ya, minyak bisa menyumbat pori-pori kulit, memicu jerawat. Jangan malas membaca kandungan dalam skincare dan makeup kamu, lalu pilih produk kecantikan khusus untuk kulit berjerawat.

4. Alat make up yang jarang dibersihkan

Brush dan puff dapat menjadi sarang bakteri jika jarang dicuci. Jika bersentuhan dengan wajah, kulit kamu bisa terkontaminasi bakteri dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori. Akibatnya, semakin banyak jerawat yang muncul di kulit wajah kamu.

5. Tidak sepenuhnya membersihkan wajah

Mencuci muka dengan sabun muka saja tidak cukup. Ya, apalagi setelah seharian beraktivitas, wajah penuh dengan kotoran, polusi, dan makeup. Sebaiknya lakukan multiple cleansing, dengan cara membersihkan wajah menggunakan makeup remover terlebih dahulu menggunakan kapas, hingga warnanya tidak lagi hitam. Jika kamu memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, sebaiknya pilih pembersih berbahan dasar air.

6. Memencet komedo dan jerawat

Memang melegakan, tapi kebiasaan sepele ini justru membuat jerawat datang lagi dan lagi. Memencet komedo dengan tangan justru dapat membawa kotoran baru ke dalam pori-pori kulit, sehingga wajah menjadi lebih rentan berjerawat dan terlihat kusam.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments