Ketahui Bahaya Penggunaan Skincare Palsu

Best Beauty - Tips Kecantikan
26
Jan, 2022
Reading Time 4 min

Smartphone dan internet memudahkan setiap orang untuk membeli berbagai kebutuhan secara online. Mengingat pandemi belum berakhir, semakin banyak orang yang ragu untuk berbelanja di pusat perbelanjaan. Salah satu kebutuhan yang sering dibeli secara online adalah skincare.

Namun, kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih produk yang tepat. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah, karena produk tersebut bisa jadi palsu dan berbahaya bagi kesehatan kulit. Alih-alih cantik, inilah bahaya skin care palsu jika kamu memakainya.

Perhatikan, Ini Bahaya Skincare Palsu

Dalam skincare palsu, ada sejumlah bahan yang bersifat karsinogenik atau berisiko tinggi menyebabkan kanker. Salah satu bahannya adalah merkuri. Paparan merkuri dalam intensitas tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Bahayanya bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga orang terdekat.

Menghirup uapnya saja, bisa membahayakan kesehatan anak. Jika kandungan tersebut digunakan oleh ibu hamil atau menyusui, anak-anak berisiko tinggi mengalami keracunan merkuri. Hal ini menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Bagi pengguna, berikut beberapa bahaya perawatan kulit palsu yang harus kamu hindari:

1. Iritasi, Alergi, dan Flek Hitam di Wajah

Skincare dibeli untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit agar tetap terlihat cantik. Namun, jika kamu membeli skincare palsu, alih-alih menjadi menawan, kulit wajah kamu akan teriritasi, alergi, atau akan muncul flek hitam. Bahan berbahaya dalam perawatan kulit palsu memicu efek buruk, terutama jika digunakan dalam waktu lama.

2. Memicu Munculnya Jerawat yang Meradang

Bahaya skincare palsu selanjutnya adalah munculnya jerawat yang meradang. Umumnya, perawatan kulit dibeli untuk mengobati jerawat. Namun, jika salah, alih-alih sembuh, jerawat malah semakin banyak muncul dan meradang. Jerawat terjadi ketika kulit bereaksi terhadap bahan aktif dalam perawatan kulit.

3. Memicu Perkembangan Sel Kanker

Bahaya skincare palsu selanjutnya adalah memicu perkembangan sel kanker. Perawatan kulit palsu yang mengandung merkuri dan arsen diduga memicu perkembangan sel kanker pada kulit. Arsen sendiri biasanya ditemukan dalam bedak dan lipstik. Pewarna ini dapat memicu kanker kulit pada bibir.

Bagaimana cara mengetahui apakah suatu produk asli atau palsu?

Salah satu langkah efektif untuk mengetahui produk skincare itu asli atau palsu adalah dengan mengecek sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Jika skincare tersebut tidak terdaftar resmi di BPOM, bisa dipastikan produk tersebut palsu, ilegal, atau abal-abal. Jika asli, maka produk tersebut harus sudah terdaftar di BPOM sebelum diedarkan ke pasaran.

Nah, berikut ini beberapa langkah untuk mengetahui produk perawatan kulit kamu asli atau palsu:

1. Lihat Ulasan Pembeli

Jika membeli secara online, langkah pertama adalah melihat review pembeli. Selain itu, perhatikan juga rating toko dan produk skincarenya. Jika peringkatnya di bawah angka 4, kamu harus curiga dan menahan diri untuk tidak membeli di toko.

2. Perhatikan bau dan konsistensinya

Setelah barang sampai, perhatikan bau dan konsistensinya. Pada produk palsu, skincare biasanya memiliki bau yang sangat tajam dan tekstur yang lengket. Sedangkan pada produk aslinya, bau yang dihasilkan cenderung lembut dan memiliki tekstur yang ringan.

3. Jangan tergiur dengan harga murah

Beberapa skincare memiliki harga yang bisa dibilang tidak ramah di kantong. Jika tiba-tiba barang tersebut dijual dengan harga murah, sebaiknya kamu bertanya-tanya. Pasalnya, di agen resmi saja, penjual tidak diperbolehkan menurunkan harga lebih dari 20-30 persen.

4. Perhatikan kemasannya

Produk skincare palsu akan sangat mudah dikenali hanya dengan melihat kemasannya saja. Jika kamu kesulitan membedakannya, silakan kunjungi situs web produsennya. Lihat apakah produk yang dijual terlihat sama dengan situs di halaman tersebut. Jika tidak, jangan membelinya.

Bahaya perawatan kulit palsu bukanlah lelucon. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian, mintalah kepada admin toko untuk menunjukkan sertifikat BPOM. Jika mereka menolak, kamu tidak boleh membeli produk.

Nah, itulah beberapa tips untuk bahaya skincare palsu dan juga tips membedakannya. Untuk merawat kulit wajah dengan skincare, kamu bisa banget menggunakan Best Beauty Skincare yang sudah mendapat izin BPOM dan pastinya aman untuk ibu hamil dan juga menyusui.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments