Lebih Baik Kulit Wajah Sehat Daripada Putih, lho!

Best Beauty - Tips Kecantikan
24
Jun, 2021
Reading Time 3 min

Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang mengandung pemutih. Hal ini tidak lepas dari konsep yang beredar di masyarakat bahwa kecantikan identik dengan putih. Padahal, tak hanya wanita kulit putih saja yang bisa memancarkan kecantikan.

Sepertinya kita harus beralih ke konsep bahwa kulit cantik itu adalah kulit yang sehat. Bayangkan saja jika seorang wanita berkulit putih tetapi kulitnya kering, pecah-pecah dan banyak flek, apakah dia tetap terlihat cantik? Lain halnya jika seseorang memiliki kulit agak gelap, namun sehat dan terawat. Oleh karena itu, berikut ini merupakan tips untuk mendapatkan kulit sehat yang akan membuat kamu terlihat lebih cantik seperti dilansir dari MayoClinic.

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi tidak sehat. Beberapa akibatnya adalah kulit menjadi keriput dan munculnya flek hitam. Selain itu, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat membuat kulit kamu berisiko terkena kanker. Kamu dapat mengurangi intensitas paparan sinar matahari dengan memakai lotion atau tabir surya, mencari tempat yang teduh dan mengenakan pakaian yang panjang saat beraktivitas diluar ruangan.

2. Tidak merokok

Merokok dapat membuat kerutan pada kulit dan membuat kamu terlihat lebih tua. Rokok justru dapat merusak pembuluh darah di kulit yang menghalangi aliran di dalamnya. Ini membuat kulit kamu kekurangan oksigen dan nutrisi. Selain itu, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin yang bertugas untuk menjaga kulit tetap kencang dan kuat.

Saat kamu menutup mulut untuk menghisap rokok dan ekspresi mengernyitkan mata saat terkena asap juga menambah kerutan di wajah kamu. Satu-satunya cara untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah dengan berhenti merokok. 

3. Rawat kulit dengan lembut

Berendam dengan air panas dan mandi terlalu lama dapat mengurangi kelembaban kulit. Jika ingin relaksasi, sebaiknya menggunakan air hangat daripada air panas untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, cara lain untuk menjaga kelembaban kulit adalah dengan menggunakan sabun yang lembut.

4. Makan makanan sehat

Makan makanan sehat bisa membuat kamu terlihat lebih cantik. Hal ini bisa membuat tubuh kamu terasa segar dan lebih bersemangat. Selain itu, kulit kamu akan terlihat lebih bersih, cerah dan sehat, dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan kaya protein. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang tinggi vitamin C, dan rendah lemak dapat membuat kamu terlihat lebih muda.

5. Minimalisir stres

Stres dapat membuat kulit kamu sensitif yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk menguranginya, cobalah untuk lebih rileks dan coba untuk melakukan me time dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Dengan perawatan di atas, kulit kamu akan terlihat lebih sehat dan menawan. Dengan kulit yang lembab, bebas kerut dan jerawat, maka akan terlihat sempurna. Jika kulit kamu putih, namun tidak memiliki ciri-ciri tersebut, sepertinya kecantikannya belum terpancar secara maksimal. Jadi, hal yang terpenting untuk kulit kamu adalah menjaga kesehatannya dengan benar.

Share this
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments