Makan Pedas Baik untuk Kecantikan Kulit? Nih Penjelasannya

Best Beauty - Tips Kecantikan
18
Nov, 2021
Reading Time 3 min

Apakah kamu termasuk orang yang menyukai makanan pedas? Rasanya ada sensasi tersendiri saat makan makanan pedas ya? Lidah panas, keringat bercucuran dari tubuh, dan rasa makanan yang tak tergantikan saat makan makanan pedas.

Memang banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan pedas. Tidak hanya menambah rasa lezat pada makanan, kandungan capsaicin dalam cabai juga membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh, membantu melawan peradangan, mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker, dan membunuh bakteri jahat dalam tubuh. Namun, apakah manfaat tersebut juga dirasakan untuk kecantikan kulit?

Benarkah makanan pedas baik untuk kecantikan kulit?

Makanan pedas memang sangat baik untuk metabolisme tubuh, namun tidak memberikan manfaat yang sama bagi kulit pada sebagian orang. Makan makanan pedas bisa melebarkan pembuluh darah pada orang yang rentan terhadap rosaceae atau baru mulai memasuki masa menopause.

Pelebaran pembuluh darah ini akan membuat kulit terlihat kurang bersih dan terlihat seperti sedang mengalami penuaan dini. Di sisi lain, menghindari asupan makanan pedas bisa membuat penderita rosaceae memiliki kulit yang tampak awet muda. Namun, jika kamu tidak memiliki riwayat gangguan kesehatan tersebut dan tidak memasuki masa menopause bagi wanita, efek flush akibat mengonsumsi makanan pedas cenderung ringan dan bersifat sementara.

Padahal, makan makanan pedas diduga menjadi salah satu pemicu timbulnya masalah jerawat pada kulit wajah. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Eastern Mediterranean Health Journal menyimpulkan bahwa makanan pedas dapat memicu masalah jerawat pada kulit. Hal ini karena kandungan asam likopen dalam makanan pedas dapat mengiritasi kulit, mengganggu keseimbangan tingkat pH, dan memicu timbulnya jerawat.

Namun, setiap orang akan bereaksi berbeda saat mengonsumsi makanan pedas dan terhadap kandungan asam likopen ini. Jadi, jika kamu termasuk orang yang rentan terhadap jerawat, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mengurangi konsumsi makanan pedas.

Makanan Lain yang Harus Dihindari untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Selain makanan pedas, ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari atau kurangi asupannya untuk menjaga kecantikan kulit Anda, yaitu:

1. Makanan cepat saji

Makanan berminyak adalah penyebab paling umum dari peradangan kulit, termasuk jerawat. Tak hanya itu, makanan ini juga meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular.

2. Makanan tinggi gula

Makanan dan minuman tinggi gula juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan kecantikan kulit, terutama cokelat dan minuman bersoda.

3. Perekat

Semua jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi telah dikaitkan dengan jerawat. Ini mungkin karena tingginya kadar insulin yang dihasilkan oleh makanan ini, yang memicu peradangan dan pelepasan hormon yang memicu jerawat.

Jadi, daripada terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, tinggi gula, dan lemak, ada baiknya Anda mengganti semua menu diet dengan asupan makanan yang lebih sehat. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat, protein, dan jangan lupa perbanyak asupan cairan harian tubuh.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments