Panduan Basic Skincare untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Best Beauty - Tips Kecantikan
03
Aug, 2021
Reading Time 6 min

Maraknya penjualan skincare dalam beberapa tahun terakhir tentunya membuat kamu tertarik untuk melakukan perawatan kulit. Namun, berbagai jenis perawatan kulit yang sedang trend saat ini, mulai dari pembersih, toner hingga serum yang muncul terkadang justru membuat kamu bingung harus memilih yang mana.

Sebenarnya, perawatan kulit tidak harus terlalu rumit untuk bisa efektif. Apalagi jika kamu hanya ingin melakukan rutinitas perawatan kulit. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk membantu kamu sebagai pemula dalam mengembangkan rutinitas perawatan kulit harian yang baik dan efektif.

Tentukan jenis kulit kamu

Langkah terpenting sebelum memulai rutinitas perawatan kulit harian adalah menentukan jenis kulit kamu. Ini akan membantu kamu dalam memilih produk yang akan kamu gunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit kamu. Karena setiap jenis kulit yang berbeda memiliki kebutuhan berbeda yang harus dipenuhi oleh produk perawatan kulit. Misalnya, jika kulit kamu kering, tentu sebaiknya memilih produk yang mengandung bahan pelembab lebih banyak daripada jenis kulit berminyak atau lainnya. Secara umum, jenis kulit diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yaitu kulit kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

Setelah kamu mengetahui jenis kulit kamu, akan lebih mudah bagi kamu untuk mengklasifikasikan produk mana yang harus kamu gunakan dan produk mana yang harus kamu hindari. Saat ini banyak produk yang juga melabeli jenis kulitnya. Sehingga memudahkan kamu untuk menemukan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Penting juga untuk kamu ketahui bahwa kulit setiap individu berbeda meski jenisnya sama. Mungkin suatu produk bekerja dengan baik untuk seseorang tetapi belum tentu baik untuk kamu. Jadi mengetahui jenis kulit kamu dengan baik adalah langkah bijak untuk diri kamu sendiri. Jika kamu sudah menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu, kamu bisa memulai rutinitas perawatan kulit dasar dengan langkah-langkah berikut.

Tiga Tahap Basic Skincare Routine

Jika kamu baru memulai rutinitas perawatan kulit kamu, disarankan agar kamu memulai dengan tiga langkah dasar perawatan kulit, yaitu pembersihan (cleaning), pelembab (moisturizing) dan perlindungan (protection). Namun, kamu bisa memodifikasi ketiga tahapan tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Misalnya, jika kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat, kamu dapat menambahkan obat jerawat seperti benzoil peroksida ke dalam langkah dasar rutinitas perawatan kulit kamu.

Cleansing

Membersihkan wajah adalah langkah perawatan kulit yang sangat penting untuk merawat kulit kamu. Bersihkan wajah menggunakan Best Beauty Facial Wash maksimal dua kali sehari. Dengan membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka, maka akan membantu menghilangkan sisa debu, kotoran dan minyak serta bakteri yang menempel pada kulit kamu. Mencuci wajah di pagi hari membantu mengurangi minyak dan sisa perawatan kulit yang menempel di wajah di malam hari. Saat mencuci muka di sore atau di malam hari membantu membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel sepanjang hari. Pilih pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit kamu untuk memaksimalkan kerja produk pada kulit kamu. Jika kulit wajah kamu kering, kamu bisa memilih produk pembersih wajah yang melembabkan untuk membantu mengembalikan kelembaban alami kulit dan menjaga skin barrier kamu. Disarankan agar kamu memilih pencuci muka yang lembut dan menghidrasi.

Moisturizing

Menggunakan pelembab dalam rutinitas perawatan kulit kamu dapat membantu mengisi kembali air yang hilang dari kulit kamu. Pelembab dengan bahan-bahan seperti asam hialuronat dan ceramide dapat memberikan hidrasi sehat yang dibutuhkan kulit kamu agar tetap sehat.

Sebagian besar dari kamu dengan kulit berminyak mungkin berpikir bahwa kamu tidak membutuhkan pelembab. Meski kamu memiliki kulit berminyak, penggunaan pelembap pada kulit kamu tetap penting. Faktanya, kurangnya kelembapan dapat membuat kulit kamu menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbanginya, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Protecting

Langkah dasar skincare routine yang tidak kalah penting yang harus kamu terapkan adalah melindungi wajah dengan menggunakan tabir surya atau SPF. Meski masih banyak orang yang hanya menggunakan tabir surya saat pergi ke pantai, namun sebenarnya penggunaan tabir surya itu penting dilakukan setiap hari.

Saat ini sudah banyak produk pelembab dan kosmetik yang mengandung SPF, contohnya seperti produk Best Beauty Day Cream yang sudah mengandung SPF yang berfungsi melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari, sehingga memudahkan kamu untuk melindungi kulit tanpa harus membeli lebih dari satu produk. Pastikan pelindung yang kamu gunakan memiliki formula yang mengandung SPF lebih dari 30 untuk memastikan kulit kamu terlindungi dengan baik.

Setelah kamu melakukan tiga langkah dasar rutinitas perawatan kulit di atas, jangan berkecil hati jika kulit kamu tidak berubah dalam semalam. Untuk hasil yang terlihat, cobalah untuk mengikuti rutinitas kamu setidaknya selama enam minggu. Ini adalah perkiraan jumlah waktu yang dibutuhkan kulit kamu untuk menyelesaikan siklus pembaruan diri dengan sel-sel kulit baru. Setelah siklus ini selesai, kamu dapat mulai melihat efek dari produk yang telah kamu gunakan.

Perawatan kulit yang bagus untuk pemula

Menambahkan produk perawatan kulit

Setelah kamu memiliki rutinitas dasar, kamu dapat mulai menambahkan langkah-langkah tambahan sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Jika kamu ingin menambahkan produk perawatan kulit, kamu bisa memulainya dengan produk eksfoliasi. kamu padat menggunakan asam alfa hidroksi (AHA) atau asam beta hidroksi (BHA), yang bekerja dengan berbagai cara untuk mengelupas penumpukan berlebih di permukaan kulit. AHA dan BHA yang disebutkan adalah pengelupasan kimia, dan mereka sangat baik untuk meningkatkan pergantian sel, meningkatkan pembentukan kolagen, dan memperbaiki kulit kusam.

Kamu juga dapat menambahkan toner pada setiap tahap rutinitas perawatan kulit kamu jika diperlukan. Toner sendiri merupakan produk yang diformulasikan untuk melayani berbagai keperluan. Beberapa toner diformulasikan untuk mengatasi kemerahan, sementara yang lain menargetkan tanda-tanda penuaan atau bekerja untuk menyeimbangkan pH kulit. Toner dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang tertinggal di kulit bahkan setelah mencuci muka dengan sabun muka. Menggunakan toner setelah membersihkan kulit kamu dapat membantu mempersiapkan kulit kamu untuk produk lain sesudahnya.

Selain produk eksfoliasi dan toner, langkah tambahan yang bisa kamu masukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit adalah serum dan masker. Serum wajah adalah topikal ringan dengan potensi tinggi yang diformulasikan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada toner. Sedangkan pelembab berfungsi untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Sedangkan untuk masker, kamu bisa memilih jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, misalnya kamu bisa menggunakan masker tanah liat jika kamu memiliki kulit berminyak.

Meski banyaknya produk perawatan kulit yang muncul bisa menggoda kamu untuk membelinya. Kamu tetap harus menyederhanakan penggunaan produk perawatan kulit untuk menghindari kerusakan pada kulit kamu. Apalagi jika kamu baru akan mulai melakukan rutinitas perawatan kulit harian kamu. Membatasi penggunaan produk perawatan kulit juga dapat membantu kamu menghindari pemborosan produk dan membantu menghemat uang kamu.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments