Pastikan Produk Skincare Kamu sudah Memiliki Ijin BPOM

Best Beauty - Tips Kecantikan
29
Jun, 2021
Reading Time 2 min

Merawat wajah agar selalu sehat dan terawat itu gampang-gampang susah, ya. Jika kamu salah memilih produk perawatan, wajah kamu yang sebelumnya sehat bisa terancam.

Di pasaran sendiri, saat ini produk perawatan wajah sangat menjamur, dengan berbagai janji atau klaim yang diberikan. Ada yang mengklaim wajah bisa putih, bersih, sehat dalam sekejap, ada yang mengklaim bisa awet muda, hingga ada juga yang mengklaim produk tersebut bisa menyembuhkan masalah yang sedang kamu derita.

Menjamurnya produk perawatan wajah inilah yang membuat kita semakin sulit menemukan produk yang benar-benar berkualitas. Namun yang pasti, produk perawatan wajah yang aman adalah produk yang sudah memiliki izin dari BPOM.

Mengapa kamu perlu menggunakan perawatan kulit BPOM?

BPOM adalah singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Secara umum lembaga ini berperan dalam memantau dan menyeleksi apakah obat dan makanan yang diuji layak atau tidak untuk didistribusikan ke masyarakat luas. Salah satu produk yang diuji oleh BPOM adalah produk perawatan kulit.

Untuk mendapatkan label BPOM pada sebuah produk skincare tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan langkah-langkah tersebut hingga keluar hasil “aman“.

Sebuah produk skincare yang nantinya akan disebarluaskan ke masyarakat harus didaftarkan ke BPOM untuk dilakukan pengujian lebih lanjut. Tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh produk skincare, seperti: uji validasi, formula, stabilitas produk, hingga bahan-bahan yang digunakan dalam produk skincare tersebut.

Jika hasil pengujian menyatakan aman tanpa kandungan yang dapat merugikan masyarakat, maka BPOM akan mengeluarkan nomor registrasi pada produk tersebut. Tidak sampai di sini saja, produk skincare yang sudah beredar di pasaran akan diuji kembali secara rutin.

Jadi, buat kamu yang ingin membeli produk skincare, pastikan terlebih dahulu untuk produk yang akan kamu beli sudah mengantongi izin BPOM, ya.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments