Penggunaan Skincare yang Salah Bisa Menyebabkan Infeksi Kulit

Best Beauty - Tips Kecantikan
17
Jan, 2022
Reading Time 3 min

Kosmetik merupakan salah satu produk yang sering digunakan oleh para wanita untuk mempercantik diri dan umumnya digunakan setiap hari. Beberapa produk kecantikan atau disebut juga skincare, langsung dioleskan ke kulit yang biasanya untuk melembutkan dan mencerahkan bagian luar tubuh.

Namun, jika perawatan kulit tidak sesuai atau digunakan secara tidak benar, beberapa efek buruk dapat terjadi. Salah satu dampak yang dapat terjadi akibat hal tersebut adalah infeksi kulit. Jika gangguan tersebut terjadi, tentunya dapat menimbulkan masalah yang lebih besar sehingga perlu penanganan segera. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Skincare Dapat Menyebabkan Infeksi Kulit

Memang memilih bahan dan produk yang tepat untuk diaplikasikan pada kulit membutuhkan banyak trial and error. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda jika produk yang digunakan tidak cocok untuk kulit sebelum mengalami masalah. Meski begitu, terkadang sebagian orang tidak menyadari bahwa skincare yang mereka gunakan tidak sesuai bahkan mengalami infeksi kulit.

Awalnya, kamu mungkin hanya mengalami ruam yang merupakan indikator reaksi alergi terhadap penggunaan produk kosmetik tertentu. Formula atau bahan dalam produk kecantikan ini mungkin mengandung bahan non-lergi yang umumnya digunakan untuk menciptakan penampilan dan aroma suatu produk. Dengan bahan-bahan tersebut, kamu bisa mengalami ruam yang mengiritasi kulit dan akhirnya infeksi.

Rasa gatal yang terjadi pada iritasi kulit membuat seseorang sering menggaruk agar merasa lebih baik. Namun, bekas garukan ini dapat meningkatkan risiko infeksi kulit. Oleh karena itu, sebaiknya segera hentikan penggunaan skincare tersebut dan aplikasikan sesuatu yang dapat meredakan iritasi agar tidak terjadi infeksi kulit. Gel lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit.

Lalu, apa saja gejala lain yang perlu diketahui jika skincare yang digunakan tidak sesuai dan bisa memicu infeksi kulit? Inilah jawabannya:

1. Kulit kering dan menglupas

Menggunakan perawatan kulit yang salah atau tidak tepat dapat memperburuk kondisi kulit yang ada, seperti kekeringan. Jika kamu menggunakan produk berbasis asam sebagai tambahan, iritasi kulit akan semakin parah. Kulit bisa terkelupas dari asam, yang juga bisa terjadi karena menggunakan produk yang keras. Akibatnya, kamu bisa merasakan perih pada kulit. Karena itu, hindari produk-produk tersebut untuk kulit yang lebih sehat.

2. Jerawat

Jerawat merupakan bentuk respon terhadap penggunaan produk yang salah atau kandungan yang tidak sesuai di dalamnya. Untuk menentukan apakah produk tersebut benar-benar menyebabkan jerawat di wajah kamu, ada baiknya kamu memberi waktu pada kulit kamu untuk menyesuaikan diri. Jika setelah beberapa saat bekas jerawat menghilang, berarti gangguan tersebut bukan disebabkan oleh skincare yang digunakan, melainkan dari dalam tubuh.

3. Kulit Berminyak

Kulit berminyak cukup umum pada kebanyakan orang. Namun, jika wajah kamu menjadi berminyak setelah menggunakan produk yang sebelumnya tidak, mungkin ada bahan yang tidak cocok di dalamnya. Kulit mengandung lapisan minyak alami yang bertindak sebagai penghalang. Jika kulit merasa perawatan kulit yang digunakan dapat menyebabkan kekeringan, kelenjar memproduksi lebih banyak minyak yang mengakibatkan terlalu banyak.

Sekarang kamu tahu bahwa beberapa produk kecantikan atau perawatan kulit yang kamu gunakan dapat menyebabkan infeksi kulit. Oleh karena itu, sebaiknya hindari iritasi pada kulit yang disebabkan oleh beberapa produk agar kesehatannya tetap terjaga. Selain itu, kamu juga dapat berdiskusi dengan dokter tentang beberapa zat yang tidak cocok untuk kulit kamu agar dapat dihindari.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments