Penjelasan Perbedaan dari Wajah Berminyak dan Glowing

Best Beauty - Tips Kecantikan
07
Jul, 2021
Reading Time 3 min

Buat kamu yang suka nonton beauty vlogger, pasti tahu nggak semua skincare yang mereka review cocok untuk jenis kulitmu. Jadi sebelum membeli skincare, cari tahu dulu jenis kulitmu. Jangan sampai konsumsi skincare atau kosmetik justru membuat kulit kamu berminyak, kering, atau berjerawat. Nah, buat kamu yang berharap punya wajah glowing, coba baca penjelasannya di bawah ini, ya.

Wajah Glowing dan Berminyak itu beda

Wajah glowing dan berminyak adalah 2 kondisi kulit yang berbeda, meski sebagian orang masih sulit membedakannya. Karena memang untuk memiliki wajah glowing sangat diidamkan banyak orang. Pasalnya, hal ini ditandai dengan kulit yang sehat, segar, dan glowing. Pemilik wajah glowing yang kondisi kulitnya tidak kering dan tidak berminyak, dengan pori-pori wajah yang kecil. Di sisi lain, wajah yang oily cenderung berminyak dan hal ini sering dihindari karena rentan memiliki jerawat akibat pori-pori kulit wajah yang besar.

Apa yang Memicu Wajah Berminyak?

Sebenarnya kulit wajah setiap orang itu berminyak, hanya kadarnya saja yang berbeda. Pasalnya, di bawah pori-pori kulit terdapat kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak alami di dalam kulit (sebum). Intinya membuat kulit selalu terionisasi, dikelilingi molekul dan sehat. Masalah muncul ketika kelenjar sebaceous menghasilkan begitu banyak minyak sehingga kulit menjadi berminyak.

Ciri-ciri wajah berminyak adalah kulit mengkilat karena banyaknya minyak di wajah terutama setelah dibersihkan. Kondisi kulit ini disebabkan oleh banyak faktor, termasuk genetika, area, dan gaya hidup. Menggunakan produk kecantikan yang salah juga dapat merangsang terciptanya minyak wajah yang berlebih.

Apakah Ada Cara untuk Mendapatkan Wajah Glowing?

Nah untuk kamu yang memiliki kulit berminyak atau kering, kamu bisa melakukan beberapa cara ini untuk membuat wajahmu glowing.

1. Berolahraga Secara Teratur

Siapa bilang hanya kosmetik yang bisa membuat wajah glowing? Padahal, ada cara lain yang lebih murah dan mudah untuk dicoba, yaitu dengan berolahraga. Bagi kamu yang malas beraktivitas, perlu diingat bahwa keringat setelah berolahraga dapat membawa kotoran yang terperangkap di pori-pori kulit wajah. 

Berolahraga juga meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga kulit mendapat suplai oksigen dan nutrisi yang cukup. Ini memiliki efek positif pada kesehatan kulit kamu. Tidak harus olahraga yang sangat berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, berenang, zumba, atau olahraga lainnya selama 15-30 menit per hari.

2. Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar UV matahari dan polusi udara dapat membuat kulit kamu kusam dan rentan berjerawat. Hal ini dapat dicegah dengan mengoleskan tabir surya SPF 30 atau lebih besar saat aktif di bawah sinar matahari, terutama pada pukul 10:00 hingga 14:00 siang. Kamu harus mengulangi penggunaan tabir surya setiap 2 jam untuk perlindungan yang optimal.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Meski sudah menggunakan perawatan kulit terbaik, jangan remehkan manfaat mengonsumsi makanan bergizi. Konsumsi ini baik untuk melindungi kesehatan kulit dari dalam, terutama yang memiliki vitamin C (seperti jeruk, brokoli, kiwi), beta-karoten (seperti kentang, wortel, bayam), asam lemak omega 3 (seperti salmon) , dan antioksidan (seperti salmon). agak coklat tua).

4. Minum Banyak Air Putih

Kulit juga bisa kehilangan cairan tubuh, ditandai dengan kulit kering dan kusam. Karena itulah kamu diajarkan untuk lebih banyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Semakin banyak aktivitas, semakin banyak pula kebutuhan cairan bagi tubuh. Kebutuhan cairan ini bisa dicukupi dengan mengkonsumsi air putih, minum jus, atau sup.

5. Tidur yang Cukup

Tidur membantu regenerasi kulit dengan menghancurkan radikal bebas yang memicu penuaan dini. Maka disarankan, jauhi kebiasaan tidur hingga larut malam agar kebutuhan tidur tercukupi. Dan pastikan untuk durasi tidur yang disarankan sekitaran 7-9 jam per hari.

Itulah perbedaan wajah glowing dan berminyak, dengan begitu kamu jadi tahu rasanya memiliki wajah yang glowing.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments