Perbedaan Rutinitas Perawatan Kulit Wajah Pagi dan Malam Hari

Best Beauty - Tips Kecantikan
13
Oct, 2021
Reading Time 3 min

Ketika dihadapkan dengan rangkaian produk skincare, kebanyakan orang mungkin akan bertanya-tanya tentang manfaat dan kegunaannya. Namun, satu masalah khusus yang juga menjadi pertanyaan adalah kapan produk tersebut digunakan, apakah termasuk dalam rutinitas perawatan kulit di pagi hari atau di malam hari. Nah, untuk memperjelas perbedaan waktu penggunaan produk perawatan kulit, yuk cari tahu informasinya!

Rutinitas perawatan kulit pagi hari

Pada dasarnya, fokus utama dari rutinitas perawatan kulit di pagi hari adalah hidrasi dan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari. Dengan begitu, hal terpenting dalam rangkaian di pagi hari adalah pelembab atau produk day cream yang diperkaya SPF.

Dilansir dari skincare.com, ahli kecantikan selebriti Joanna Vargas menjelaskan bahwa penggunaan bahan seperti asam hialuronat dan antioksidan di pagi hari juga perlu untuk melindungi kulit dari stres lingkungan sekaligus melembabkan dan mencerahkan kulit. Tak terbatas pada pelembab dan tabir surya, bahan-bahan tersebut juga bisa didapatkan melalui produk perawatan jenis lain.

Sebagai rekap, berikut adalah urutan penggunaan morning skin care routine:

  • Best Beauty Facial Wash
  • Best Beauty Toner
  • Best Beauty Day Cream

Rutinitas perawatan kulit di malam hari

Berbeda dengan rutinitas pagi yang berfokus pada hidrasi dan perlindungan, perawatan kulit di malam hari memiliki 2 fokus utama. Yang pertama adalah membersihkan kulit setelah seharian beraktivitas, yang kedua yaitu malam hari merupakan waktu terbaik untuk produk perawatan bekerja secara aktif.

Karena saat tidur di malam hari, kulit melakukan yang terbaik untuk menyegarkan dan meremajakan. Dengan begitu, memastikan kulit wajah dibersihkan dan diberi nutrisi dengan baik sebelum tidur adalah cara terbaik untuk bangun dengan kulit lembut, bercahaya dan sehat.

Produk dengan formula yang lebih berat, seperti krim retinol dan masker tidur juga ditempatkan di urutan malam, karena ini menawarkan manfaat terbesar saat kulit dalam mode perbaikan. Produk dengan vitamin C tinggi juga harus digunakan pada malam hari, begitu juga dengan produk yang mengandung AHA. Tidak hanya dapat meningkatkan kepekaan terhadap sinar matahari, tetapi juga dapat bekerja secara optimal di malam hari.

Sebagai rekap, urutan penggunaan skin care routine malam hari antara lain:

  • Best Beauty Facial Wash (double cleansing)
  • Best Beauty Toner
  • Best Beauty Night Cream (sesuai kebutuhan kulit wajah)

Kesimpulan

Rutinitas perawatan kulit pagi hari adalah tentang perlindungan dari sinar matahari, koPtoran dan polusi, sedangkan rutinitas malam hari adalah tentang perawatan dan memberikan apa yang dibutuhkan kulit untuk mengatasi masalah kulit sebelum proses regeneratif tidur dimulai.

Dari segi tahapan, perawatan kulit pagi cenderung lebih sederhana. Di sisi lain, perawatan kulit malam hari lebih rumit dan kebanyakan perawatan kulit wajah sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur karena dapat bekerja lebih efektif.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments