Waspada! 6 Penyebab Kulit Wajah Menjadi Kusam

Best Beauty - Tips Kecantikan
06
Sep, 2021
Reading Time 2 min

Kulit kusam merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh para wanita. Dan, ada beberapa penyebab kulit kusam. Bagi wanita yang memiliki masalah kulit kusam, biasanya akan bertanya-tanya penyebab dan cara mengatasinya.

Ada beberapa penyebab kulit kusam. Diantaranya adalah paparan sinar matahari, pola makan yang tidak sehat, kurang minum air putih, dan kurang tidur. Selain itu, ada beberapa hal lain yang biasanya menyebabkan kulit kusam.

Penyebab kulit kusam

Kulit merupakan organ terbesar dari tubuh. Jadi, wajar jika ada kalanya kulit terlihat sedikit tidak sehat seperti terlihat kusam. Dirangkum dari laman Healthline, berikut beberapa penyebab kulit kusam yang paling umum:

1. Dehidrasi

Minum banyak air akan membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit kamu. Untuk itu, minum air putih yang cukup merupakan salah satu cara mengatasi kulit kusam. Plus, mengoleskan serum wajah yang menghidrasi dapat membantu mengikat kelembaban pada lapisan atas kulit kamu.

2. Kurangnya krim wajah

Jangan terlalu pelit menggunakan krim wajah jika kulit kamu cenderung kering. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan dan vitalitas kulit kamu. Gunakan krim dua kali sehari untuk membantu mempertahankan kelembaban di kulit kamu dan melindungi lapisan atasnya yang halus.

3. Penumpukan sel kulit mati

Kulit secara alami melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru. Akan tetapi, terkadang sel-sel kulit mati tidak terlepas sebagaimana mestinya. Sebaliknya, mereka menumpuk di permukaan kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan tidak merata.

4. Kulit kering

Kulit kering dapat dengan cepat terlihat kusam dan tidak segar. Untuk itu, usahakan agar kulit tetap lembab.

5. Merokok

Merokok merupakan faktor lingkungan yang penting dalam penuaan kulit dini. Kebiasaan ini dapat mengganggu produksi kolagen dan menurunkan serat elastis dan jaringan ikat di kulit. Hal ini juga dapat meningkatkan stres oksidatif pada sel-sel kulit. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan dan berkontribusi pada kulit yang tampak kusam.

6. Penuaan

Penuaan merupakan bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindari. Begitu juga dengan penuaan kulit. Meskipun kamu tidak dapat mengontrol proses penuaan, kamu dapat menerapkan rutinitas perawatan kulit yang membantu memberikan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan bercahaya.

Share this
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments